Thursday 31 May 2018

ROLLERCOASTER OF PREGNANCY: HEARTBURN

Orang-orang yang tau kalo gue berpuasa rata-rata kaget.
"Hah, lo puasa? Lagi hamil gede gitu?"

Well, tiap orang pasti beda-beda, tapi dalam kasus gue, alhamdulillah sampe saat ini gue masih bisa menjalani puasa Ramadhan tanpa batal sehari pun. Malah, puasa ini berkah banget buat gue karena berarti gue bisa mengurangi waktu gue makan yang akan mengakibatkan bertambahnya berat badan gue. (kenapa gue concern akan kenaikan berat badan gue bisa dibaca di sini).

Masalahnya cuma satu: ibu hamil--apalagi yang punya maag kaya gue--rentan terkena heartburn.
Gue termasuk yang kena.

Apa sih heartburn?

Heartburn, sederhananya, adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau dada sehingga mengakibatkan timbulnya rasa panas atau perih. Pada ibu hamil, produksi hormon progesteron yang melimpah saat kehamilan bisa mengakibatkan proes pencernaan makanan melambat, sehingga asam lambung naik ke dada/kerongkonan, atau bisa juga akibat membesarnya rahim sehingga mendesak lambung, akibatnya 'ruang' di lambung jadi makin kecil dan makanan yang tadinya berada di dalam lambung terpaksa naik ke kerongkongan.

Intinya nggak enak deh. -_____-
Tau kalo lagi mual terus mau muntah tapi nggak jadi? Nah, kerongkongan sama dada suka panas kan? Kaya gitu tuh.

Salah satu cara mengatasi heartburn ini adalah dengan cara makan sedikit tapi sering alih-alih makan banyak dalam satu waktu. Jadi, kalo misalnya orang normal makan tiga kali sehari, ibu hamil disarankan makan lima sampai enam kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit sekali makan. Tujuannya ya untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk ke lambung, jadi lambungnya nggak kepenuhan dan makanan jadi nggak bertumpuk.

Tapi mana bisalah gue. T___T
Pertama, gue yang normal kagak hamil aja makannya udah banyak, ini lagi pake hamil, jadi tambah menggila. So, begitu buka puasa, udah laper kan nahanin nafsu makan yang berlipat ganda ini seharian, makannya jadi kalap deh. Udah gitu yang kedua, pas sahur juga makannya nggak diatur karena gue berpikir harus nyetok makanan buat si bayi sampe buka. Akibatnya, selama beberapa hari pertama puasa, gue menderita heartburn yang bikin istighfar berkali-kali, dan kalo lagi parah banget heartburnnya bisa berlangsung dari saat mau tidur malem sampe buka puasa keesokan harinya lho.

Sakitnya jangan ditanya. Tips untuk mengatasi heartburn yang katanya kalo lo lagi berbaring maka duduklah, dan kalo lagi duduk maka berdiri lalu jalan-jalanlah itu nggak mempan buat gue kalo heartburn udah menyerang. Mau gue berdiri kek, jalan-jalan kek, kayang kek, tetep aja ni dada dan kerongkongan berasa panas sampe saking panasnya kadang malah terasa dingin kaya ada es batu di kerongkongan.

Huft.

Yang jelas, tips makan 5-6 kali dengan porsi yang lebih sedikit itu nggak bisa gue terapin dalam kondisi berpuasa, karena ada waktu tidur malem yang berarti gue nggak bisa menggunakan waktu itu untuk makan. Katakanlah biasanya gue punya waktu dari jam 7 pagi sampe jam 8 malem untuk makan, berarti sekitar 13 jam, nah, dengan berpuasa, waktu makan gue jadi dimulai dari jam 6 sore sampai jam setengah 5 pagi (10.5 jam), dikurangi waktu tidur kira-kira 4 sampai 5 jam. So, durasi yang gue punya untuk makan cuma 5.5 jam. Itu juga belum dikurangi waktu 'mencerna makanan' karena habis makan gue harus nunggu paling enggak dua sampai tiga jam sebelum akhirnya boleh tidur, karena kalo kita tidur saat lambung masih bekerja mencerna makanan, ya sama aja asam lambungnya bisa naik ke kerongkongan atau dada karena posisi yang sejajar. Durasi 3.5 jam (yang terbagi antara buka dan sahur) ini jelas nggak cukup buat makan 'sedikit tapi sering'.

Walhasil, gue mencoba mengurangi porsi makan. Awalnya, gue makan nasi sedikit pada saat buka dan sahur. Sedikit aja gitu.

Tapi ngemilnya tetep banyak pas buka.
Kan gembel ya. XD

Nggak berhasil.

Akhirnya gue coba untuk nggak makan nasi saat buka, dan hanya makan sedikit nasi (4-5 sendok) saat sahur. Jadi tiap buka puasa gue cuma ngemil aja sesuka hati. Cara ini lumayan berhasil hingga batas tertentu, yaitu hingga gue mengkonsumsi berlebih makanan yang sebenernya pantang banget untuk penderita heartburn: gorengan dan makanan berbumbu kuat semacam indomie.
Wkwkwkwkwk.

Gue sempet nanya via status FB ke temen-temen yang  juga pernah mengalami hal yang sama saat hamil, dan rata-rata menyarankan minum jus kurma campur susu saat sahur atau buka. Betapapun tertariknya gue untuk mencoba saran ini, tetep aja pada akhirnya nggak bisa gue lakukan karena gue nggak punya alat semacam blender atau juicer untuk bikin jus. XDDDD

Ada pula yang menyarankan untuk nggak makan gorengan.
Hmmm... Sayangnya, nggak mungkin mengeliminasi gorengan dari menu buka dan sahur, karena selama ini lauk pauk untuk buka dan sahur dikirimin sama mamanya Pillow. Ya masa gue tega ngerepotin dengan request jangan kirimin lauk yang berupa gorengan? Gue juga kasian sama Pillow kalo mesti ikutan makan rebus-rebusan doang.
*Alasan kau Ay
*padahal sesungguhnya kau simply tak bisa hidup tanpa gorengan.
*Ngakulah!

Pokoknya, pergulatan gue melawan heartburn ini cukup seru dan alot deh, karena gue sempat kepayahan dalam mengalahkan nafsu untuk makan gorengan ataupun makanan-makanan berbumbu.

Sampai akhirnya waktu gue curhat ke Dokter Regintha pas kontrol kandungan minggu lalu, si dokter nyaranin gue untuk menetralisir asam lambung ini dengan infused water yang diisi buah-buahan yang bersifat basa.

Hmmmmm...
Bener juga.
Kalo acid dikasih alkaline kan jadi netral.

Pulang dari RS, gue dan Pillow mampir ke Total Buah, beli sekotak strawberry dan jeruk. Sebenernya, buah yang bersifat basa dan paling baik untuk digunakan dalam infused water adalah lemon, tapi gue memutuskan untuk mengganti lemon dengan jeruk. Alasannya sederhana sih, kalo jeruk, si Pillow juga bisa ikut makan buahnya. Nggak kaya lemon yang bakalan cuma dipake buat bikin infused water doang. Wkwkwkwkwk.

Nah, udah sekitar semingguan ini setiap kali buka dan sahur gue selalu minum 350 ml infused water dengan campuran jeruk dan strawberry. Alhamdulillah, dalam beberapa hari pertama heartburn gue langsung membaik dengan signifikan, dan udah kira-kira tiga atau empat hari ini gue bahkan nggak ngerasain begah yang biasanya gue rasain tiap kali gue tidur malam. Apalagi setelah gue coba ditambah makan satu kotak beberapa potong semangka tiap buka, makin adem aja ini dada dan kerongkongan. Iya, gue lupa kalo semangka termasuk buah-buahan yang sifatnya paling basa setelah lemon. Huhu.

Nah, jadi buat lo-lo yang mungkin juga lagi mengalami hal yang sama kaya gue, bisa coba untuk konsumsi infused water berisi buah-buahan yang bersifat basa secara teratur tiap buka dan sahur.

Cara bikinnya gampang.
Kalo gue, irisan jeruk (bulat, pake kulit, cuci bersih dulu jeruknya sebelum diiris) dengan ketebalan kira-kira 0.5-1 cm, terus gue belah dua karena gak muat di tempat minumnya XD, ditambah 3 buah strawberry diiris tebal (gue biasanya 1 buah strawberry diiris jadi 3), tambahin 350 ml air biasa, terus simpen di kulkas kira-kira 3 jam. Jadi biasanya gue mulai bikin larutan ini jam 3 atau jam 4 sore buat diminum pas buka. Setelah airnya habis, tinggal direfill terus simpen lagi untuk sahur. Nah, pas sahur ini, setelah airnya habis diminum, buah-buahannya juga gue makan. Soalnya buah-buahan yang dipake untuk infused water disarankan diganti tiap 12 jam supaya kandungan vitaminnya tetap terjaga.

Gampang kan?
Dan manjur, lagi.
Tapi, efek sampingnya, dalam satu minggu ini berat gue udah naik dua kilo karena gue bisa makan enak dan banyak. Minggu lalu pas kontrol berat gue 56.5, tadi subuh pas nimbang berat gw 58.5 kg... T_________T

Bayiiii...
Kamu jangan besar-besar ya, Nak... Ibunya aja yang membesaaaaaaar.

No comments:

Post a Comment