Thursday 31 May 2018

ROLLERCOASTER OF PREGNANCY: MENGGENDUT

Never crossed my mind before kalo suatu saat gue akan mengkhawatirkan kenaikan berat badan.

Gue adalah tipe yang mau makan segabrak juga tetep kurus. Tipe yang banyak dicemburui cewek-cewek laen, katanya. Bah, kagak tau aja pada kalo gue ngiri banget sama yang makan dan bisa tampak nyata gemuknya. Soalnya, gue berkali-kali dijudge kurang makan sama orang-orang yang ngeliat penampilan gue yang cenderung kurus ini. Baru deh mereka menyesal setelah mentraktir gue makan, karena ternyata gue makannya nggak sedikit. XDDD

Yang kurus pengen gemuk, yang gemuk pengen kurus.
Emang ye manusia itu nggak pernah puas.

Eniwei,
karena itulah, gue agak shock ketika diminggu ke-29 alias tanggal 24 April gue kontrol sebelum dese melahirkan, Mbak Ika bilang gue harus mengurangi makan nasi alias pasokan karbohidrat, dan juga gula, karena bayi gue agak-agak overweight.


Untungnya terus Ramadhan lho. Jadi waktu nggragas gue berkurang banyak karena gue puasa, apalagi ditambah heartburn yang gue alami, makin dikit deh jadinya makan gue.

Hurray!

Tanggal 24 April, berat gue saat ditimbang yaitu sekitar 56 kg, sedangkan berat si bayi 1.5 kg.

Tanggal 25 Mei lalu, gue kontrol kandungan lagi. Bukan sama Dokter Yuyun yang direkomendasiin Mbak Ika tapi, karena gue dikecewakan dokter Yuyun. Jadi, setelah ditelpon RSIA Tambak beberapa hari sebelumnya, diketahui bahwa Dr. Yuyun praktek dari jam 8-10 pagi hari itu. Jadilah jam 6 pagi gue dan Pillow udah berangkat dari rumah karena jarak Jatiwarna-Manggarai lumayan juga, belum macetnya.

Eh ndilalah kok jam 7 lewat sedikit, saat kami sudah berada di Otista, ada sms masuk dari Tambak ngabarin kalo jam praktek Dr. Yuyun dimundurkan kembali ke jam 14.00-17.00.

WAH.
Mood gue langsung rusak saat itu juga. Sambil agak kesel gue bales smsnya nanyain kenapa jam segitu baru dikabarin, dan susternya minta maaf karena Dokter Yuyun baru kasih kabar. Ya Allah, mau kesel juga gw nggak tau mesti kesel sama siapa, yang jelas nggak tepat kalo gue kesel sama susternya karena dia cuma ngabarin aja; mau kesel sama Dr. Yuyun juga gue nggak tau dia punya alasan apa sampe-sampe mundurin jam praktek, mungkin aja kan beliau lagi nggak enak badan. Meskipun udah mencoba ngasih uzur, tapi tetep aja gue kesel 'kan maen. Pillow nanya apa gue mau nunggu waktu praktek di apartment sama Mama Pillow, tapi gue udah kehilangan minat untuk periksa sama Dr. Yuyun.

Untuk menenangkan emak-emak kurang sajen ini, Pillow akhirnya berinisiatif tanya ke RS Siloam Asri, apakah ada obgyn yang praktek di jam pagi itu. RS Asri bilang ada Dr. Regintha. Pillow lantas nelpon Mbak Ika, bertanya apakah Dr. Regintha oke, dan Mbak Ika bilang oke.

Ckiiit.
Pillow langsung banting setir menuju RS Siloam Asri.

Yah, minusnya adalah, gue nggak jadi mencari tau lebih jelas soal varises pada dinding rahim ini ke Dr. Yuyun, tapi toh sejak saat pendarahan itu sampai saat ini, gue nggak ada keluhan apa-apa lagi kecuali sakit pinggang dan sakit punggung yang makin parah, jadi ya sudahlah, gue mengesampingkan hal itu dulu.

Saat ditimbang, berat gue tetap konsisten di 57 kg, lebih tepatnya di 56.5 kg, malah.
Yiiiiihhaaaaaa. Bahagianya, gue berhasil mempertahankan berat gue.

Gue dan Pillow nggak nunggu lama dan langsung dipanggil untuk ketemu Dr. Regintha. Dr. Regintha ini beneran oke kaya yang Mbak Ika bilang lho. Pembawaannya santai dan penjelasannya mendetail, meskipun kadang beliau memakai bahasa-bahasa teknis sehingga gue mesti nanya itu maksudnya apa. Hehehe.

Menjelang week ke-34 ini, berat si bayi mencapai 2.3 kg, dengan ukuran FPL dan FL yang lagi-lagi terhitung lebih besar dari usia yang seharusnya (lupa berapa soale nggak dicatet huhu). Dr. Regintha bilang dia kira usia kehamilan gue udah masuk minggu ke-36 pas liat ukuran perut gue.
Sorry Dok, anda salah.
Wkwkwk.

Menurut proyeksi Dokter Regintha, kalo persalinan gue nanti terjadi di minggu ke-38, saat itu berat si bayi akan berkisar kurleb 3.1-.3.3 kg.
Hmmm... Besar.

Dr. Regintha menyarankan gue untuk banyak makan lauk aja untuk menjaga agar berat bayi tetap stabil dan nggak berlebih, diimbangi dengan buah-buahan. Dr. Regintha juga ngasih solusi untuk heartburn berlebih gue.

NAH INI MASALAHNYA.
Heartburn hilang, berat badan gue bertambah.
Solusi infused water yang disarankan Dr. Regintha membuat gue lupa diri lagi pada saat makan, sehingga ketika gue nimbang kemarin tanggal 30 Mei, berat gue mencapai 58.5 kg.

GUE NAIK DUA KILO DALAM WAKTU SEMINGGU, SODARA-SODARA!

Panikpanikpanikpanikpanikpanik.

Yang bikin panik, tentu saja, apakah kenaikan berat badan ini adalah kenaikan berat badan gue atau si bayi. Kalo berat badan gue yang naik, nggak ada masalah, gue malah bahagia sekali. Tapi kalo nanti ternyata pas check up tau-tau si bayi yang beratnya naik sampe 1000 gr, celakalah awak kan. -____- Bisa dipites sama si dokter dan Mbak Ika nanti gue.

Well, emang baik Mbak Ika maupun Dr. Regintha sebetulnya nggak terlalu mempermasalahkan ukuran bayi yang besar dengan catatan posisinya bagus dan masih tetep bisa masuk panggul gue. Tapi yang lagi dijaga kan kalo ukuran si bayi kegedean sampe ga bisa masuk panggul nih. Huhu.

Ya mudah-mudahan sih meskipun nanti si bayi besar atau normal beratnya, dia masih tetep bisa masuk panggul gue dan gue masih bisa melahirkan si bayi dengan aman.

Saat ini yang harus gue lakukan adalah mengerem dan mengontrol lagi nafsu makan gue, nggak boleh keenakan cuma gara-gara bisa makan banyak tanpa heartburn. Huhuw.

No comments:

Post a Comment