Sunday 15 July 2018

Rollercoaster of Pregnancy: End of the Journey

*inserts happy bgm here*

Akhirnya!

Akhirnya!

Setelah sembilan bulan (kurleb) perut gue melenting, tanggal 30 Juni kemarin gue melahirkan si bayi dengan selamat dan sentosa secara caesar.

Caesar, iya.
Kenapa bisa, padahal gue mengusahakan untuk lahiran normal dulu kalau bisa, dan Mbak Ika selama ini meng-oke-kan gue lahiran normal?

Jadi gini ceritanya.

Beberapa hari menjelang melahirkan (yang saat itu gue belum tau), gue mulai bolak-balik ngecek tanda-tanda persalinan, karena sejujurnya gue emang udah ngebet banget pengen ketemu si dedek. Wkwkwk. Diantara tanda-tanda yang gue baca adalah insomnia, mual dan diare, perut mengeras..

Yang mana itu semua gue alami.

Iya, menjelang bersalin, gue emang luar biasa kesulitan untuk tidur karena perut gue bolak-balik mengeras/mengencang, mau posisi madep kiri yang biasanya sedikit menolong, gak ngaruh, jadi sebentar-sebentar gue kudu bangun untuk berganti posisi, yang mana nggak ngaruh-ngaruh amat sebenernya karena sebentar kemudian gue akan kebangun lagi dan harus cari pose pengganti lagi. Gitu aja terus sampe tiba-tiba udah subuh.

Wah, teler sih itu gue. Walhasil, beberapa hari menjelang persalinan, gue lebih banyak tidur setelah subuh. Kadang gue bangun jam 9, kadang menjelang dzuhur baru bangun. Udah gak kepikiran mau jalan pagi, apalagi senam Boom Boom-nya Momoland. *woy*

Karena semenjak menjelang lebaran mama udah dateng dan stay di rumah, beliau tetep mewajibkan gue untuk banyak jalan. Ya udah, jadilah gue jalan sore, atau ngider-ngider kamar-ruang tamu, atau senam Boom Boom, di kamar mandi aje tapi khusus yang satu ini. *masih*

Mual juga makin gue rasakan. Diare sebenernya bukan diare, tapi gue jadi rutin BAB setiap hari, yang mana buat gue itu udah semacam diare, karena gue kan kalo BAB biasanya 3 hari sekali.

Selain tanda-tanda di atas, gue juga menderita gatal-gatal. Gatal ini disertai ruam yang kalo digaruk makin banyak. Awalnya cuma di perut bagian bawah (yang pada saat itu narik banget kulitnya), lalu ketika kandungan gue udah turun, gatal-gatal itu mulai terasa di kaki. Awalnya gue kira gue digigitin nyamuk, yang bikin gue menyemprotkan One Push Va** secara membabi buta ke sekeliling rumah kalau sore tiba, apalagi gejalanya emang kaya habis digigit nyamuk alias ada bintik merahnya. Tapi lama-lama, gue heran sendiri, kok cuma gue yang ngerasa? Pillow kok kagak? Apalagi kemudian bintik-bintik itu makin lama makin menyebar. Seiring dengan berjalannya waktu dan garukan tangan gue, bintik-bintik itu berubah menjadi lecet-lecet. Wah, pokoknya kaki gue nggak ada indah-indahnya sama sekali deh. Di malam hari, serangan gatal akan makin menggila, membuat gue sibuk menggaruk sana garuk sini. Gak bisa tidur juga gitu. Belakangan malah Pillow ikutan ngegarukin karena dia khawatir ngeliat cara gue ngegaruk yang teramat barbar, satu, dan karena tangan gue nggak nyampe buat meraih kaki gue, keganjel perut.

Meh.

Setelah baca-baca, gue curiga kalo gue kena kolestasis obstetri, yaitu gatal-gatal yang sering diderita ibu hamil akibat penyumbatan garam empedu yang tidak mengalir ke seluruh tubuh. Waktu Mbak Ika liat tangan dan kaki gue yang udah hancur lebur karena gatal ini, beliau bilang memang ada kemungkinan kolestasis. Sedihnya, kolestasis tidak bisa diobati, dan akan sembuh sendiri setelah melahirkan. Gue cuma dikasih salep untuk dioleskan ke bagian yang gatal.

SABAR, SABAR.

Gue juga khawatir karena gue sempet membaca kolestasis bisa mengakibatkan stillbirth. Apalagi air ketuban gue minim, cuma 11 dari batas bawah 10, karena si bayi ini ukurannya besar sekali. Pada saat kontrol terakhir, Mbak Ika nyuruh gue untuk tes CTG supaya bisa memantau kondisi bayi. Gue langsung ke ruang bersalin dan ditangani oleh bidan di sana. Setelah dipantau selama setengah jam, hasil CTG menunjukkan kondisi si bayi sehat walafiat, dan perut gue mulai ada kontraksi, tapi belum ada bukaan.

Bidan lalu ngasih wejangan soal tanda-tanda melahirkan, semacam mules-mules, pecah ketuban atau rembes ketuban. Si bidan mengingatkan untuk segera ke RS kalo ketuban rembes atau pecah. Gue yang bingung gimana cara ngebedain ketuban rembes sama keputihan biasa ya bertanya dong, yang dijawab begini: "Kalo ibu udah ganti celana beberapa kali tapi basah lagi basah lagi, hati-hati itu ada kemungkinan ketuban rembes."

Oke.
Noted.

Ya, karena hal-hal di atas, gue jadi sering ngebujukin si dedek untuk keluar lebih cepat dari HPL-nya, yang mana adalah tanggal 3 Juli. Apalagi waktu gue denger ada uji coba ganjil genap per tanggal 2 Juli, makin gencarlah gue ngerayu si dedek untuk keluar. Soalnya kalo dia mau keluar pas tanggal genap repot nyari jalur alternatif menuju Tambaknya. *salah fokus*

Sementara itu, belum ada tanda-tanda kontraksi atau apapun, padahal HPL tinggal beberapa hari lagi. Mulas-mulas yang sempet gue rasakan di minggu ke 34-35 malah menghilang. Patokan gue, yang namanya kontraksi itu yang mules semacam mau dapet gitu kan, yang mana gue sudah sangat familiar harusnya. Apalagi emak juga bilang begitulah definisi kontraksi yang dulu beliau rasakan, dan tanda persalinan sudah dekat itu kalo udah keluar lendir yang bercampur dengan darah. Gue makin heran, karena gue memang sering keputihan, tapi darah yng keluar adalah darah yang warnanya cokelat kehijauan, kaya sisa-sisa haid gitu, sementara menurut mama kalo tanda persalinan darahnya warna pink atau merah.

Hmmm...
Dan gue hanya bisa menunggu.

Lalu...

Tanggal 29 Juni dini hari, gue dan Mas Bantal ber-quality time alias ngegaruk-garuk kaki dan semua bagian tubuh gue yang sangat-sangat gatal sambil sesekali Pillow membantu gue ganti posisi tidur karena lagi-lagi perut mengeras dan si dedek menendang-nendang, menambah ketidaknyamanan gue. Iya, nyeri sih enggak, tapi sakit dan nggak nyaman aja jadinya. Coba deh lo rasain sendiri. Malam itu kami baru tidur sekitar jam setengah 1pagi.

Jam tiga pagi, gue terbangun dan merasakan perut gue sangat keras dan kencang--tapi lagi-lagi tanpa mulas. Gue juga ngerasa celana dalam gue basah. Gue ganti dong, tapi lagi-lagi basah.

Gitu terus sampe tiga kali.

Gue teringat omongan Bidan Tambak saat terakhir kali kontrol.
"Kalo ibu udah ganti celana beberapa kali tapi basah lagi basah lagi, hati-hati itu ada kemungkinan ketuban rembes."

Lah.
COCOK.

Gue langsung bangunin mama dan laporan apa yang terjadi. Apalagi ketika ganti untuk ketiga kalinya, keluar lagi cairan yang agak pink. Mama memutuskan untuk membawa gue ke RS. Gue langsung bangunin Pillow.

"Yah, Ayah, ibu udah ganti celana tiga kali tapi basah terus. Ke RS yuk."
Ternyata cara membangunkan dengan menggunakan kata-kata seperti demikian kurang manusiawi bagi Pillow yang langsung loncat terduduk dengan muka ngantuk campur bingung campur panik. Malah akhirnya gue yang nenangin Pillow supaya gak panik.

Kebalik ye Ayah.

Jam tiga lewat sedikit, gue, mama dan Pillow berangkat ke Tambak, tak lupa hunting dinosaurus mengabarkan Mbak Ika via whatsapp soal kondisi gue. Kami langsung ke kamar bersalin dan ditangani oleh bidan yang sama dengan yang menangani gue minggu lalu. Dicek, gue udah bukaan satu. Masih satu, ye, masih lamaaa. Dan setelah dicek pake kertas laksmus, ternyata cairan yang keluar bukan air ketuban.

Gue agak legak tapi juga agak kecewa.
Gado-gado gitu rasanya.

Bidan lalu kembali memasangkan mesin CTG ke gue. Kata Bidan, dari hasil CTG, mulesnya udah bagus (sampe sekarang gue nggak ngeh yang dimaksud dengan mulesnya udah bagus tuh gimana), si dedek juga aktif. SAAT ITULAH GUE BARU TAU KALO PERUT KERAS DAN KENCENG ITU TERNYATA TERMASUK KONTRAKSI. T________________T

Berdasarkan instruksi Mbak Ika, gue disuruh stay untuk observasi. Toh jam 9 paginya juga jadwal gue kontrol ke Mbak Ika. Gue suruh Pillow dan mama untuk ke apartment Tante Rian yang deket dari situ, karena nggak tega kalo mereka harus nungguin gue di RS dalam kondisi kurang tidur. Jam enam kurang, mama dan Pillow meninggalkan gue di kamar bersalin untuk menuju apartment, sementara gue menunggu sambil tidur-tiduran dan main Jurassic World Alive.

Nggak lama...
Plop. Pyar!

Kasur basah oleh cairan yang mendadak keluar dari gue.
Gue langsung manggil Bidan dan laporan, "Kayanya ketuban saya pecah deh Sus."
Bidan ngeliat sekelebatan. "Iya Bu, ini ketubannya pecah." Katanya mantap tanpa ragu-ragu.

Bidan langsung menyuruh gue untuk pipis kalo memang mau pipis, lalu gue diberi baju ganti dan disuruh tiduran, nggak boleh jalan-jalan lagi. Sambil tidur, gue nelpon mama, nggak diangkat, lalu nelpon Pillow, laporan kalo ketuban pecah.

Mama yang baru duduk lima menit di apartment Tante Rian langsung buru-buru balik lagi ke RS bareng Pillow.

Jam setengah 9 pagi, Mbak Ika dateng liat kondisi gue sebelum beliau praktik. Kata Mbak Ika, karena ketuban udah pecah, bayi harus dikeluarkan dalam dua belas jam terhitung pecah ketuban, yaitu maksimal jam enam sore. Mbak Ika lalu menanyakan kesediaan gue untuk diinduksi. Gue mah iya-iya aja, apapun untuk anak gue dah.

Gue langsung dipasangi infus berisi obat induksi yang bikin mules beberapa waktu sekali. Makin lama, mulesnya makin meningkat. Gue yang awalnya bisa cengengesan mulai kehilangan senyum kurang lebih satu jam setelah obat masuk, berlanjut ke tahap meringis-meringis menahan sakit, lalu mulai atur napas sambil berkata "Laa hawla walaa quwwata illa billah." dan istighfar berkali-kali. Anehnya, saat tengah kesakitan gitu, gue tetep aja ngerasa ngantuk. Wkwkwkwk. Emang pelor.

Jam setengah sebelas, kontraksi yang gue rasakan makin hebat sampe bikin gue mau muntah. Sekuat tenaga gue berusaha menahan rasa mual, tapi akhirnya muntah juga. Jam setengah dua belas, gue udah muntah dua sampe tiga kali, udah menggeliat-geliut kesakitan dan bernapas panjang pendek sambil menahan tangis. Bidan datang untuk mengecek bukaan, karena gue udah ngerasa si bayi ngedorong ke bawah beberapa kali. Well, gue nggak muluk-muluk mikir udah bukaan 8 atau gimana, tapi yang jelaas gue nggak mikir itu masih bukaan satu juga! But itulah yang terjadi, si Bidan bilang masih bukaan satu longgar.

Truthfully speaking, itu bikin gue down sih.
Kalo bukaan satu aja udah bikin gue muntah-muntah dan pengen nangis, gimana bukaan dua, tiga, sampe akhirnya bukaan sepuluh??
Gue merasa gagal jadi cewek.

Jam satu siang, selesai praktik, Mbak Ika ngecek kondisi gue. Beliau agak kagak juga denger bukaan gue masih satu, padahal secara kontraksi dan posisi bayi, harusnya udah lebih maju. Mbak Ika ikut heran, ada apakah ini...? Akhirnya Mbak Ika menawarkan pada gue, kalo mau ngelanjutin induksi sampai batas waktu--which is maghrib--hayuk, tapi kalo gue mau nyerah dan udahin aja, Mbak Ika akan siapin tim operasi.

Sambil nangis karena emang sakit banget, gue bilang gue mau caesar aja.

Saat itu Pillow menyarankan dengan lembut, gimana kalo kita tunggu sampe ashar, kalo nggak ada kemajuan juga, kita caesar?

Rasanya saat gue pengen gampar Pillow sambil tereak "KAU AJA YANG DIINDUKSI DAN MULES-MULES NGEDEN-NGEDEN, BARU AKU MAU TUNGGU SAMPE ASHAR."

-____________-

Gue langsung nangis.
ENGGAK. GUE MAU CAESAR AJA.
SEKARANG.

Akhirnya botol infus berisi cairan induksi dilepas, diganti infusan kosong. Mbak Ika bilang, efeknya nggak akan benar-benar hilang sampai gue dibius nanti. Gue cuma mengangguk-angguk sambil nangis.

Gue dibantu didudukkan di kursi roda oleh Bidan, lalu dibawa ke ruang operasi. Gue diminta menunggu sebentar sementara tim operasi bersiap-siap, didudukkan di atas brankar. Kondisi gue saat itu udah lemes, super mengantuk, tapi kadang juga masih mules luar biasa akibat efek obat induksi. Kecuali saat kontraksi datang, sepanjang waktu gue lalui sambil tidur-tidur ayam.

Jam dua kurang, gue dituntun masuk ke ruang operasi. Semua tim udah siap. Dokter anestesi yang mau ngebius gue bilang ini mungkin agak sakit, gue yang ngantuk berat dan lemes dalem hati ngejawab, "Bodo amat Dok, udah pernah ngerasain diinduksi dalam kondisi belum tidur hampir dua belas jam?". Dokter anestesi pun nyuntik tulang belakang gue, yang mana sakit, tapi nggak pake banget, entah karena gue udah merasakan sakitnya kontraksi sehingga sakit suntikan bius ini berasa mainan anak-anak, atau karena gue udah terlalu ngantuk.

Pertanyaan gue pada si dokter ketika ditanya udah siap untuk operasi atau belum adalah, "Saya boleh tidur kan ya, Dok?".

Setelah itu, di tengah kesadaran gue yang mulai hilang (karena ngantuk kecapean, bukan karena bius, soale biusnya kan bius lokal doang), gue mendengar suara suster atau siapalah yang ada di samping meja operasi menjelaskan kondisi gue pada tim. Semacam begini, "Pasien ibu Detta, 29 tahun, gagal induksi, blabliblu lalilulelo~". Dan gue sempet-sempetnya keingetan, "Waw, seperti pernah melihat adegan ini di Medical Top Team."

Operasi dimulai.
Gue tidur.

Tapi namanya orang operasi ye, tidurnya ya gitu. Matanya merem, tapi telinga masih bekerja. Sayup-sayup gue mendengar suara para dokter mengobrol sambil membelah perut gue. Gue mendengar Mbak Ika ngomong ke tim yang lagi mengoperasi, "Padahal udah dicek panggulnya luas, posisi bayinya juga bagus, tapi kenapa bukaannya nggak maju-maju, ya?" dan nggak berapa lama. "Lho kok ini duluan??"

Gue kepo sebenernya, ingin bertanya tapi juga tak ingin. Nggak lama, gue merasakan perut gue digoyang-goyang, lalu terdengar suara bayi nangis.

Gue udah ngantuk, ya.
Catet.
Tapi mendengar suara si bayi, gue langsung ikutan nangis.
Kejer.

Mbak Ika bilang, "Selamat ya, Detta. Bayinya udah keluar nih... Siapa namanya...?"
"Biar nanti bapaknya aja Mbak yang ngumumin." I said di tengah sesunggukan.

Bayi dibawa pergi beberapa saat, gue masih sesunggukan. Gue bisa merasakan tim operasi mulai menutup dan menjahit perut gue. Saat itu, si bayi kembali dibawa ke gue untuk IMD dan ditelungkupkan di dada gue. Itulah pertama kali gue melihat makhluk kecil ajaib yang selama ini cuma bisa gue usap-usap dari luar perut.

That magical moment, Man...
Bahkan ketika mengetik ini pun gue masih mau nangis nginget betapa terharunya gue saat itu.
Gue langsung ngoceh ngajak ngomong si bayi dengan air mata masih mengalir. Nggak lama, si bayi diambil lagi untuk dibawa ke ruang perawatan bayi. Mbak Ika lalu menjelaskan sementara tim masih menjahit luka gue.

"Jadi Detta, bayimu beratnya 3.6."
What?
"Hah, gede amat Mbak."
"Iya, gede. Terus ternyata air ketubanmu tadi dicek udah habis. Di leher bayi ada lilitan, dan ini, ternyata dia posisinya telentang."
"Hah, gimana Mbak???"
"Iya tadi waktu dibelek, yang keliatan duluan bukan tempurung kepalanya, tapi mulutnya. Pantes nggak bisa nyundul dan bukaannya nggak nambah-nambah."
........KENAPA KAMU BISA TELENTANG SIH, NAK?
"Jadi memang banyak faktor yang jadi kendala, untung kamu minta caesar, kalopun kita tunggu sampe maghrib, dengan kondisi kaya gitu, bukaannya nggak bakalan nambah."
Kira-kira itu yang gue inget dari percakapan gue dan Mbak Ika saat itu.
Dan hingga saat ini gue masih meringis mikirin seandainya saat itu gue memilih untuk tetap bertahan dengan induksi, mungkin gue akan flip table saat ujung-ujungnya disuruh caesar juga.

So, berakhirlah sudah rollercoaster kehamilan gue selama sembilan bulan. Berganti dengan motherhood. Beberapa cerita seperti pasca operasi, kolestasis obstetri dll akan gue susulkan dalam postingan-postingan selanjutnya, ya.

Oh, dan postingan ini ditulis dalam waktu empat hari.
Yeah, punya bayi membuat lo gak bisa lama-lama di depan laptop.

Ciao!

No comments:

Post a Comment