Wednesday 13 June 2018

Jurassic World Alive: Things You (Probably) Need to Know

Dalam rangka menyambut rilisnya Jurassic World Fallen Kingdom (yang awalnya gue kira rilis tanggal 22 Juni), udah beberapa minggu ini gue main ini game.

Jurassic World Alive.

Basically sih, semua yang pernah main PokeGo pasti familiar dengan style game yang kaya gini. Prinsipnya sama, kok.

Nah, secara gue nggak ngulik PokeGo, mainnya sekedar main doang tanpa didalami dan diseriusin, jadi gue nggak bisa ngebandingin dengan akurat apa aja bedanya PokeGo sama game ini. Yang jelas, perbedaan yang paling basic adalah, kalo di PokeGo kita keliling2 untuk nangkep Pokemon dengan ngelempar2 pokeball, di Jurassic World Alive ini kita keliling2 untuk menerbangkan drone dan mengumpulkan DNA untuk menciptakan dinosaurus.

Here are things you probably would find helpful kalo lo baru main/akan main game ini.

Dalam game ini, kita akan diberi 3 item.

Pertama, DART yang digunakan untuk mengambil DNA dino. Dart bisa diperoleh dengan cara memutar supply drop (semacam PokeStop kalo di PokeGo), membuka free incubator yang tersedia di MARKET tiap beberapa waktu sekali, atau beli dengan menggunakan cash. Semakin tinggi level player, semakin banyak jumlah DNA dino yang bisa diambil oleh sebuah dart. Dart ditembakkan menggunakan drone. Jadi alih2 ngedeketin dino dan ngambil langsung DNA mereka, dalam game ini kita menggunakan drone untuk mendekati dino. Sama seperti PokeGo, ada batasan waktu untuk kita ngambilin DNA dino, batasan waktu ini berupa batere drone yang akan habis setelah beberapa kali tembakan, tergantung jarak kita dengan si dino. Makin dekat kita dengan dino yang mau diambil DNAnya, makin awet pula batere drone dan makin banyak kesempatan kita untuk menembakkan dart. Sebaliknya, kalo jarak antara kita dan dino cukup jauh, batere drone akan habis lebih cepat dan kita cuma punya sedikit kesempatan untuk menembakkan dart. So, gue sarankan untuk berada sedekat mungkin dengan dino kalo lo mau berburu, apalagi untuk dino2 dengan kategori RARE yang mengcreatenya butuh lebih banyak DNA.

Kuota maksimal dart yang bisa lo tampung dengan cara memutar drop supply adalah 140 buah dart, stelah mencapai kuota maksimal, mau lo dapet berapa banyak dart dari drop supply juga tetep aja dart lo akan berjumlah 140 buah nggak akan nambah2 lagi. Pengecualian kalo lo beli dart menggunakan cash/ngebuka free inkubator di market dan ternyata dapet dart, jumlah dart yang lo peroleh akan terakumulasi. Misal, sekarang lo punya 130 buah dart, trus lo dapet 15 buah dart dari drop supply sehingga jumlahnya jadi 140 (inget, kuota maksimal dart yang diperoleh dari drop supply hanya 140), terus ngebuka free incubator dan dapet lagi 10 buah dart, maka dart lo akan bertambah jadi 150 buah. Sayangnya, ini nggak berlaku sebaliknya, ataupun untuk inkubator yang lo peroleh ketika memenangkan battle (tentang battle akan dijelasin nanti). Artinya, kalo jumlah dart lo awalnya ada 130, kemudian dapet 10 buah dart dari free incubator, lalu setelah itu baru lo muter drop supply dan dapet lagi 10 buah dart, jumlah akhir dart yang tersimpan tetap akan 140 buah. So, kalo lo punya pilihan untuk membuka free incubator dan memutar drop supply/membuka inkubator reward dari battle, dahulukan memutar drop supply/membuka inkubator reward, baru setelah itu buka free incubator yang lo punya.

Kedua, COINS yang digunakan untuk level up/memfuse dino. Dino2 yang kita ciptakan nantinya bisa naik level, dan untuk itu, selain sejumlah DNA kita juga butuh sejumlah koin alias coins ini. Makin tinggi level dinonya, makin banyak coins yang dibutuhkan untuk level up. Seperti dart, coins juga bisa diperoleh dengan cara memutar supply drop, membuka free incubator, reward battle, atau beli dengan menggunakan cash.

Ketiga, DINO CASH alias duit. Cash digunakan untuk membuka inkubator tanpa waktu tunggu, membeli coins atau mereload dart. Game ini, menurut gw, nggak begitu pelit ngasih cash ke player sih. Lo bisa dapet 2-10 cash per hari dengan cara memutar supply drop atau membuka free incubator. Sayangnya ada limit maksimal untuk jumlah cash yang bisa diterima tiap player per harinya, tapi gue gak merhatiin jumlahnya berapa.

Layaknya PokeGo, di awal kita akan disuguhkan 3 pilihan dino untuk ditangkap. Gw lupa gue milih apa tapi kayanya Velociraptor deh. Terus, ketika kita klik si dino, drone kita yang berisi dart untuk mengambil DNA akan terbang di atas dino tersebut. Kita harus nembakin dart di lingkaran sasaran yang nanti muncul di sekujur tubuh dino2 tersebut sementara mereka bergerak2 kabur dengan kecepatan dan gerakan yang bervariasi dan berbeda antar dinonya. Dino2 badan besar seperti Gorgosaurus, Tarbosaurus, T-Rex dan Suchomimus atau yang berat berarmor seperti Triceratops dan Euoplochepalus cenderung bergerak lebih lambat dibanding dino2 berbadan kecil dan ramping macam Tanycolagreus atau Dimetrodon. Jumlah DNA yang terambil ya tergantung akurasi menembak kita, bisa tepat di tengah lingkaran atau nggak. Makin banyak DNA yang kita kumpulkan, makin cepat kita bisa menciptakan dinosaurus tersebut.

Di level rendah, jumlah DNA yang diperlukan untuk mengcreate dinosaurus2 ini masih sedikit, kisaran 50-150, yang biasanya bisa didapatkan dengan 2-3 kali hunting spesies yang sama. Tapi, makin tinggi level dinosaurus lo, makin banyak pula DNA yg dibutuhkan untuk bisa level up. Misal, untuk mengcreate Velociraptor level 1, awalnya kita cuma butuh 50 DNA Velociraptor. Tapi untuk bisa level up ke Velociraptor level 2, selanjutkan kita butuh 150 DNA Velociraptor. Begitu seterusnya.

Lah buat apa sih level up dinosaurus tinggi2? Nggak cukup ya dengan menciptakan aja?

Nggak.
Why?
Ada dua alasan.

Pertama, ada 5 kategori dinosaurus di game ini:

COMMON, dino yang paling banyak ditemui saat hunting. Ada di mana2. Misal, velociraptor, stegosaurus, triceratops Gen 2, suchomimus.

RARE, agak lebih sulit ditemui daripada dino2 common, tapi masih memungkinkan untuk diburu. Misal, dilophosaurus, utahraptor, gorgosaurus. ATAU, hybrid antara dua common dino yang sudah mencapai level tertentu, misal, Majundasuchus yang bisa diciptakan setelah Majungasaurus dan Nundasuchus lo masing2 mencapai level 5, atau Suchotator yang bisa diciptakan dari menggabungkan Suchomimus dan Irritator Gen 2.

EPIC, dinosaurus2 yang jarang banget nongol, tapi sejarang2nya masih memungkinkan untuk nemuin mereka dalam perburuan DNA. Misal, Tyrannosaurus Rex, Spinosaurus Gen 2, Koolasuchus. ATAU hybrid antara satu common dan satu rare dino, atau dua rare dino yang sudah mencapai level tertentu, misal: Spinotahraptor yang merupakan persilangan antara Spinosaurus dan Utahraptor level 15. Biasanya, kalo kita udah punya DNA epic meskipun belum mencukupi untuk menciptakan dinonya, ini akan memancing dino2 epic untuk muncul di radar.

LEGENDARY, dinosaurus2 hybrid yang hanya bisa dibuat dari menyilangkan DNA epic dino dengan common atau rare dino yang masing2 sudah mencapai level tertentu. Misal, Indominus Rex, yang bisa dibuat dari menyilangkan Tyrannosaurus Rex (epic) level 15 dan Velociraptor (common) level 15. Gue sih belum pernah nemuin dino kategori ini nongol di perburuan DNA yes.

UNIQUE, terdiri dari dinosaurus2 superhybrid yang hanya bisa dibuat dari menyilangkan DNA2 dino hybrid. Misal: Magnapyritor, yang merupakan hasil persilangan Dimetrodon (rare) dan Pyrritator (Legendary, hasil silang Pyroraptor dari kategori Epic dan Irritator dari kategori Rare).

Nah, semakin tinggi kategorinya, semakin kuat juga dinosaurusnya. Dan untuk bisa menciptakan dino2 yang berada dalam kategori yang tidak biasa, kita perlu level up dino2 yang kita punya sampe level tertentu.

Alasan kedua, seperti PokeGo, selain keliling2 ngumpulin Pokemon, game ini punya fitur Battle. Fitur ini akan terbuka kalo lo udah berhasil mengcreate minimal 4 ekor dinosaurus. Di battle inilah dinosaurus2 berlevel tinggi tadi akan berguna.

Gampangnya begini kira2 sistem battle yang dipake Jurassic World Alive.. Tiap pertandingan, kita akan ngebawa 4 dari 8 ekor dinosaurus yang udah kita pilih untuk jadi tim kita. Kalo udah ada lebih dari 4 dinosaurus dalam tim kita, komputer akan memilihkan secara acak dino mana yang akan dimajukan dalam pertandingan saat itu. Next, komputer akan memilihkan lawan buat kita. Kita nggak bisa tau in advance dinosaurus apa aja yang akan dipake oleh lawan dalam pertandingan tsb, cuma bisa tau dinosaurus apa aja yang ada di tim kita sesaat sebelum battle dimulai. Nah, selanjutnya, kita akan take turn dengan lawan untuk saling serang. Player yang pertama kali bisa ngalahin 3 ekor dinosaurus lawan, itulah pemenangnya. Pemenang akan dapet trophy points (kisaran 28-30 poin sekali menang), dan yang kalah akan kehilangan trophy pointsnya (22 poin sekali kalah). Kalo trophy points kita udah mencapai jumlah tertentu, kita akan masuk ke arena battle baru, yang lawannya pastinya lebih kuat dari arena battle sebelumnya.

Kenapa battle ini penting? Karena tiap kali menang battle, selain dapat trophy points, kita juga akan dihadiahi coins dan inkubator. Ada 5 jenis inkubator yang bisa kita dapetin, masing2 butuh waktu berbeda untuk ngebukanya.

Pertama, small incubator. Untuk ngebuka inkubator ini cuma butuh waktu 15 menit, dan biasanya berisi sedikit common dinos DNA dan sejumlah dart.

Kedua, standard incubator. Untuk ngebuka inkubator ini butuh waktu 3 jam, berisi sedikit rare dinos DNA, sekian ratus common dinos DNA dan sejumlah dart.

Ketiga, large incubator. Untuk ngebuka inkubator ini butuh waktu 8 jam, berisi sedikit epic dinos DNA, sedikit rare dinos DNA, sekian ratus common dinos DNA dan sejumlah dart.

Keempat, rare incubator. Untuk ngebuka inkubator ini butuh waktu 12 jam, berisi sedikit epic dinos DNA, banyak rare dinos DNA, sekian ratus common dinos DNA dan sejumlah dart.

Terakhir, ada epic incubator. Untuk ngebuka inkubator ini butuh waktu 24 jam, berisi banyak epic dinos DNA, banyak rare dinos DNA, banyak common dinos DNA dan sejumlah dart.

Jumlah item tiap2 inkubator berbeda2 sesuai level arena battle tempat kita berada. Makin tinggi levelnya, makin besar reward yang kita terima.

Jadi, kalo lo jarang nemuin rare dino saat berburu, lo bisa coba fitur battle ini untuk dapetin inkubator berisi DNA rare dino. Emang kudu ekstra sabar sih btw.. Wkwkwkwk.

Next postingan, gw akan membahas fitur battle secara khusus karena buat gw fitur ini seru banget dan butuh strategi supaya lo bisa menang, apalagi ketika jumlah trophy points lo udah mulai tinggi, yang mana akan mengundang lebih banyak lawan jago.

Eniwei, game ini bukannya nggak ada kekurangannya. Salah satu hal yang sering dikeluhkan para player game ini adalah keterbatasan free player untuk mengumpulkan dinosaurus/memenangkan battle. Those who paid got wider dinos variety and better chance to win the battles (karena dino2 mereka level up dengan cepat).

Nah, jadi gini, sebenernya ada beberapa cara untuk bisa memperkuat dino lo dengan cepat, mau yang berbayar, yang agak berbayar maupun yang tidak berbayar.

Pertama, dengan mengambil ONE TIME OFFER yang muncul tiap kali player naik level dan/atau memasuki arena battle baru. Perbedaannya, ketika player naik level, One Time Offer ini biasanya harus dibeli pake duit beneran, sedangkan ketika memasuki arena battle yang baru, One Time Offer-nya bisa dibeli pake dino cash. Semakin tinggi level player, semakin banyak duit atau dino cash yang harus dikeluarkan untuk ngambil One Time Offer. So, saran gue, kalo lo gak keberatan untuk spend some money on this game dan selagi lo masih level rendah, manfaatkan baik2 One Time Offer ini. Ambil tiap kali available. Gue lupa start dari level berapa, tapi ada kok One Time Offer yang cuma butuh 30ribu rupiah, dan lo bisa dapet coins, cash, serta beberapa DNA common dan rare dino. Inget, ketika lo udah punya DNA rare dino, meskipun belum cukup untuk mengcreate dinonya, itu bisa jadi pancingan yang ngebawa rare2 lain muncul di sekitar lo. Dan cash yang lo dapet bisa buat ngambil One Time Offer ketika arena battle lo level up nantinya.

Kedua, rajin2 ikut battle supaya sering dapet reward inkubator. Gak masalah kalo lo cuma punya common dino untuk dibawa battle. Yang rare nggak selalu lebih kuat dari yang common, lho. Semua tergantung strategi. Again, ini akan dibahas di postingan lain. Cara ini gak perlu keluar duit, cuma emang kudu modal sabar aja yang banyak sih. Wkwkwkwk.

Ketiga, jadi VIP member. Dengan bayar 139ribu per bulan, lo akan punya privilege untuk mendapatkan 3 random item tiap memutar supply drop (kalo free player cuma dapet 2 item) dan jangkauan terbang drone yang sedikit lebih jauh (kurleb sampe sekitar 650an feet). Buat gue yang pemalas dan susah jalan karena perut yang udah terlalu besar, ini berarti gue bisa mencapai dino2 yang muncul di 3-4 supply drop yang ada di sekeliling gue tanpa harus meninggalkan rumah. Berguna banget (well.. Berguna dalam konteks game ini yes. Wkwkwk).

Keempat, beli inkubator di market menggunakan dino cash. Lagi2, manfaatkan fitur ini selagi lo berada di level rendah, karena makin tinggi level lo, makin banyak juga cash yang harus lo keluarkan.

Kelima, rajin2 muter supply drop. Ini yang selalu gue lakukan kalo pergi2. Meskipun kuota dart udah penuh, bodo amat, karena selain dart, kan kita juga berkesempatan dapet coins dan cash dari supply drop. More coins means dinos level up, more cash means kita bisa belanja inkubator di market~ Kemaren baru nyoba, dan gw bisa mendapatkan 32 dino cash dalam satu hari. Sepertinya itu limitnya. But come on, 32 dino cash dalam sehari, kalo lo manfaatin tiap hari berarti dalam seminggu lo bisa ngumpulin 220an dino cash. Not bad lah.

That's it.
Hopefully bisa sedikit ngebantu lo-lo yang mau mulai berburu dinos!

Oiya, layaknya PokeGo, jenis dino yang berceranggahan di masin-masing daerah juga beda. Di daerah gue, gue mencatat cukup banyak juga jenis dino yang muncul. Ini dia, in alphabetical order.

Dimetrodon
Dracorex Gen 2
Einiosaurus
Euoplochepalus
Gorgosaurus
Majungasaurus
Nundasuchus
Ophiacodon
Ouranosaurus (epic)
Sarcosuchus
Stegosaurus
Suchomimus
Spinosaurus
Spinosaurus Gen 2 (epic)
Tanycolagreus
Triceratops (rare)
Triceratops Gen 2
Tyrannosaurus Rex (epic)
Utahraptor (rare)
Velociraptor

No comments:

Post a Comment