Monday 26 March 2018

DDS Wedding Database: Decoration

Akhirnya meresume database setelah nikahannya lewat lebih dari setengah taun. Wwkwkwk. Maafkan kemalasan saya. Soalnya semakin dekat hari H, semakin labil pula mood gue dalam mempersiapkan semuanya. Apalagi kerjaan juga lagi hectic-hecticnya waktu itu.

Ok, lanjut, here goes decor.

Sadar nggak sadar, dekor jadi my biggest concern. Kenapa gue bilang sadar nggak sadar? Soalnya, gue nggak merasa ini adalah sesuatu yang penting banget, tapi kenyataannya Pillow dan Mas Harry bilang gue paling semangat kalo udah ngomongin ini.

Anyway, dekor ini salah satu yang paling alot nyarinya. Ngebidik sih udah dari awal, cuma pada perkembangannya, malah dapet yang dari awal nggak pernah dilirik. Wkwkwkwk.

Note: para vendor ini punya harga yang berbeda untuk tiap venue. Jadi jangan heran kalo sebelum memberikan harga mereka akan selalu nanya "Venue-nya di mana dan untuk berapa undangan?", karena dimensi ruangan dan luasnya akan menentukan berapa banyak titik yang harus mereka dekor disamping basic package yang udah mereka punya. Harga yang gue terima adalah harga untuk Kuningan City Ballroom Level 7 Hall A bulan Juli tahun 2017.



Vica Decor (@vicky_vicadecor)
Vica Decor adalah vendor pertama yang gue lirik dan gue jadikan referensi. Bahkan di awal-awal gue sangat kepengen ditangani sama vendor ini karena gue jatuh cinta sama dekornya yang elegan dan terlihat mewah. Sayangnya, gue nggak berhasil mendapatkan pricelistnya karena email gue nggak dibalas sama mereka.



Image Decor (@Image_Decoration)
Gue bertemu Image Decor atas rekomendasi dari Mas Harry setelah sebelumnya ngirim email. Karena udah lama, gue lupa siapa nama representatif mereka yang bertemu gue, yang jelas beliau adalah seorang ibu yang sangat menyenangkan, profesional dan cepet paham sama apa yang gue mau.

Waktu di email, harga yang gue dapet adalah 90 juta dengan detail:
- Dekor pelaminan 3D 16 m termasuk karpet panggung dan mini garden.
- 6 buah standing flowers dengan bunga mix fresh dan artificial.
- Gazebo 3x3 m.
- karpet rose petal untuk kirab.
- rangkaian bunga segar di meja VIP 3 buah model rendah.
- Photo gallery backdrop dengan meja konsul dan hiasan bunga segar.
- Dekor area resepsionis & kotak angpau.
- Dekor panggung entertainment & frame screen 3x4.
- Centerpiece di area foyer.
- 1 buah handbouquet & corsage pengantin (mawar & baby breath)
- 15 buah corsage keluarga.
- Bunga di kamar pengantin (hotel).

Setelah ketemu, harganya bisa dinego sampai 80 juta dengan menghilangkan beberapa item. Gue sendiri waktu itu cukup puas dengan Image, tapi belum ketuk palu karena masih mau ketemu sama satu vendor lagi.


Grasida Decoration (@grasidadecor)
Gue kirim email ke Grasida Decor yang lalu dibalas dengan cukup informatif oleh Mbak Anita. Grasida Decor punya empat paket harga yang berbeda, makin besar harga paketnya, makin mewah dan 'rame' pula dekorasinya. Meskipun harganya beda-beda, tapi keempatnya punya standard item yang sama, yaitu meliputi:
- Pelaminan & mini garden di depan pelaminan.
- Panggung entertainment.
- 6 buah standing flower.
- Wedding gate.
- Pagar VIP.
- Photo gallery dengan panel.
- Special lighting di pelaminan dan gazebo (wedding gate).
- Backdrop di area angpau termasuk 4 buah standing angpau.
- 2 buah lemari souvenir.
- Karpet rose petal untuk kirab.

Harga tipe A: 90 juta
Harga tipe B: 100 juta
Harga tipe C: 110 juta
Harga tipe D: 120 juta

Setelah dapat email, gue, Pillow dan Mas Harry sebenernya bermaksud untuk memfollow up Grasida Decor ketika kami dateng ke Wedding Exhibition di JCC, tapi sayangnya booth Grasida selalu rame sama pengunjung, jadi kami mengurungkan niat. Yah, mungkin emang gitu kalo belum jodoh.


Lili Vicky Decor (@lilivicky_decoration)
Dari hasil blogwalking, gue menemukan vendor bernama Lili Vicky Decor yang menurut gue decent dan harganya lebih terjangkau dibanding vendor-vendor lain yang selama ini gue temukan. Total pricenya bervariasi sesuai model pelaminan, tapi mulai dari 50 juta aja! Wow banget kan? But well, with price comes quality dong pastinya, tentu aja yang harganya 50 juta nggak bisa disamakan dengan yang harga 80 juta.

Lili Vicky memberikan 3 buah penawaran paket yang berbeda buat gue. Yang membedakan ketiga paket ini, selain tentu aja semakin mahal semakin keliatan mewah, adalah bunga yang dipakai untuk menghias pelaminannya. Yang pertama adalah paket pelaminan model Sultan dengan harga 30 juta dan bunga artificial, lalu ada pelaminan model steven dengan harga 45 juta dan fresh flower, yang terakhir pelaminan model Astrid dengan harga 60 juta yang juga fresh flower.

Ketiga paket ini punya standard item yang sama, meliputi:
- Dekor pelaminan & mini garden
- 8 standing flower
- Gate
- Panggung entertainment & screen (ukuran screen nggak diketahui)
- 20 buah corsage dan 1 buah handbouquet
- Photo gallery dihias dengan kelopak bunga dan lampu nakas
- 4 podium consule
Note:semua bunga yang digunakan adalah artificial, kecuali untuk mini garden (sesuai paket yang dipilih).

Selain item di atas, ada tambahan biaya lagi untuk:
- Sekatan foyer di area resepsionis sekitar 20 m sebesar 8 juta rupiah.
- Dekor photobooth standard sebesar 5 juta rupiah.
- 2 buah pohon plus pernak pernik sebesar 7 juta rupiah.

Meskipun dibilang ada tambahan biaya untuk additional item, tapi seandainya gue ambil paket pelaminan model Astrid lengkap dengan additional itemnyapun gue cuma harus mengeluarkan biaya 80 juta rupiah. Masih jauh lebih murah dibanding vendor-vendor lain yang gue temukan pada saat itu. Hanya sayangnya, bunga yang mereka pake artifisial, padahal gue justru menghindari bunga artifisial dan sebisa mungkin pengennya yang fresh, apalagi untuk pelaminan.


The Swan Design (@theswandecor)
Dari semua quotation yang gue terima, quotation dari The Swan Design adalah quotation yang paling mendetail dan informatif. Semua itemnya dibreakdown lagi dan dijabarkan sampai ke hal-hal yang paling kecil. Lovely. Ini jelas sangat berguna buat gue sebagai klien. First impression gue terhadap vendor ini sangat baik cuma gara-gara ngeliat quotationnya aja. Wkwkwkwk.

Harga yang ditawarkan buat gue sebesar 85 juta dengan detail sebagai berikut:
- Photo gallery backdrop, 1 unit console table & 1 unit dressing table (fresh flower)
- Backdrop untuk angpao area termasuk 4 buah meja dan kotak angpau serta meja/lemari souvenir.
- Panggung entertainment & screen frame 3x4 m.
- Arch gate 3 unit/gazebo 3x3 m 1 unit (pilih salah satu).
- Pelaminan dengan 6 flower arrangement, mini garden dan 3 unit lampu kristal.
- 6 buah standing flower.
- VIP table setting.
-  1 buah handbouquet & 1 buah corsage untuk pengantin, dan 4 buah hand bouquet untuk bridemaids.
- 15 buah corsage untuk keluarga.

Kalo lo pikir itu udah detail, di quotation aslinya jauh lebih detail lagi. Amazing kan?

Kenapa gue nggak jadi pakai vendor ini, gue sendiri gue jadi bertanya-tanya sekarang. Apakah ada sesuatu yang sekarang udah gue lupakan yang membuat gue berpindah ke lain hati, ya? Wkwkwkwkwk.



Orchid Decor
Setelah sebelumnya gagal mencari info lewat email karena gue belum menentukan venue pada saat itu jadi mereka nggak bisa ngasih quotation, gue akhirnya mendatangi Orchid decor bersama Mas Harry dan Pillow di Wedding Exhibition JCC. Harga openingnya lumayan bagus, yaitu start dari 65 juta untuk fresh flower decoration. Sayangnya, harga tersebut belum termasuk gazebo dan pohon, yang setelah ditambahkan lalu membentuk biaya total sebesar 85an juta. Jadi pikir-pikir dulu deh kita.



Evlin Decor
Evlin Decor direkomendasikan oleh Mas Harry. Menurut Mas Harry, kualitas dekor ini bagus dengan kerja dan harga yang oke pula. Gue dan Pillow lantas memutuskan untuk mengunjungi booth Evlin decor di Wedding Exhibition tersebut. Diliat dari dekor boothnya, kebayang sih kualitas dan harganya memang sebanding dan buat gue ini lumayan oke.

Sayangnya, gue (dan Pillow) justru jadi kesel banget setelah pergi dari booth ini. Why? Pelayanannya, Mas Broh. Bukan Ci Evlinnya, ya, kalo Ci Evlinnya sih sangat kooperatif dan ramah. Pertama kami dilayani langsung oleh Ci Evlin, gue udah menceritakan secara garis besar konsep yang gue mau dan Ci Evlin udah bikin coret-coretan kasar plus harga. Setelah kurang lebih persepsi kami sama, Ci Evlin lalu meminta salah satu karyawannya untuk menangani kami, karena beliau sendiri harus menangani klien lain.

This is where everything goes downhill.

Mungkin karyawannya ini adalah karyawan baru, atau mungkin dia simply nervous menghadapi klien yang banyak tanya kaya gue dan Pillow, tapi sungguh, gue saat itu jadi bertanya-tanya, apa dosa gue sehingga kesabaran gue harus diuji sedemikian rupa? Wkwkwkwk. Si karyawan ini amat sangat tidak informatif, boro-boro mau informatif, menguasai materi jualannya aja kayanya dia tidak. Nggak sekali dua kali ketika gue bertanya "Kalo ini gimana, Mbak?" dijawab dengan "Mmm... Gimana ya?" dilanjutkan dengan tengak tengok panik.

Lah. You ask I, I ask who?

Beneran, gue sama sekali tidak merasa mendapatkan info apapun dari karyawan yang satu itu. Sampai akhirnya Mas Harry yang keliatannya nggak enak sama gue dan Pillow lalu bilang, "Gini aja deh Neng, kalo kamu nggak tau, boleh nggak panggilin temen kamu yang lebih tau?"

Baru deh itu si Mbak bangkit dan memanggil temennya buat ngurusin kami.
Puji Tuhan!
Alhamdulillah ya, mood gue udah terlanjur rusak. Meskipun si karyawan pengganti ini jauh lebih bersahabat dan informatif dibandingkan dengan si mbak yang tadi, saat itu juga gue sudah membuat mental note untuk tidak akan memakai vendor ini.





White Pearl
Ini nih, vendor yang akhirnya berjodoh sama gue. Gue ketemu WhitePearl setelah Image Decor meninggalkan impresi yang sangat baik terhadap gue dan Pillow. Bahkan gue dan Pillow udah setengah memutuskan bahwa kami pengen pake Image Decor aja ke Mas Harry. Tapi lalu Mbak Lely dari WhitePearl datang dan membuat kami berubah pikiran. Wkwkwkwk.

Harga yang ditawarkan oleh WhitePearl saat itu sangat bersaing. Start from 60 juta aja, Sodara-sodara! Manalah kami tidak tergiur? Bahkan setelah diutak-atik hingga dekornya sesuai dengan requestan kami, harga akhirnya hanya 70 juta rupiah yang meliputi:
- Dekor area resepsionis termasuk backdrop, 2 buah lemari souvenir dan 4 buah meja & kotak angpau.
- Photobooth, photo gallery, 2 buah standing canvass.
- Pelaminan 12 meter dengan 7 buah standing flower dan mini garden, semua full fresh flower.
- Gazebo 3x3
- 2 buah pohon artifisial
- 6 buah standing flower
- Karpet rose petal putih untuk kirab
- Panggung entertainment dan screen 3x2 m
- Centerpiece dan pagar untuk VIP table
- 1 buah handbouquet dan 20 buah corsage panitia
- dekor meja akad nikah
- cover kain letter U untuk area foyer

Setelah menimbang-nimbang, Pillow dan gue memutuskan untuk ambil penawaran WhitePearl.

Sekian review vendor dekor. Again, if anyone needs the pricelist, kindly leave your email on comments. :)

Cheers!

1 comment:

  1. Sharingnya bermanfaat,
    Trims ya.

    Oh ya, bagi yang membutuhkan Penyewaan AC Tangerang untuk event-eventnya, bisa menghubungi kami ya.

    Salam Blogger.

    ReplyDelete