Wednesday 28 March 2018

DDS Wedding Operation Final: The BIG Day [22.07.2017]

AKHIRNYA!
Sebentar lagi tujuan awal gue membuat blog ini akan tercapai!

Iya, setelah kehilangan blog tempat gue menulis selama kurleb 10 tahun gara-gara entah apa yang terjadi sama servernya, gue membuat blog ini mainly untuk keeping track akan progress persiapan pernikahan serta menuangkan isi otak gue yang gue tau akan banyak rusuhnya selama proses tersebut berjalan.

Meskipun pada akhirnya gue nggak bisa regular update blog ini, tapi gue ngerasa punya tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang sudah gue mulai meskipun terlambat cukup lama. Wkwk.

Note: nggak akan ada terlalu banyak foto di postingan ini karena tujuan gue emang buat nulis report general aja. Review detail untuk masing-masing vendor coming soon. All pictures captured & edited by AKSA Creative ID unless otherwise stated.

Oke, pernikahan.

D-Day.
The Big Day.
DDD. Detta Dika Day.
Apapun itu namanya lah.

Tanpa terasa, udah setengah tahun lewat semenjak pembicaraan antara orang tua gue dan Pillow. Tau-tau besok gue udah kudu nikah aja.
Eh bentar. Kudu nikah tuh nggak enak ya, kesannya ada unsur keterpaksaan gitu.
Akan menikah.
Iya, tau-tau besok gue sudah akan menikah aja.

Grup persiapan baik itu yang panitia, vendor maupun keluarga makin ribut. Ngirim foto-foto seragaman buat besok lah, mastiin ini itu lah. Puyeung. Malemnya, Papa dan adek gue pergi ke rumah nenek gue untuk latihan memberikan sambutan dan lain-lain. Sepertinya Papa agak-agak trauma dengan kejadian waktu lamaran, dan berniat mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk memberikan sambutan di hari H. Wah, gue dan mama sih seneng-seneng aja. Apalagi yang mama yang sebenernya udah dari lama ngingetin gue buat ngingetin papa buat latihan ngucapin ijab. Latihannya bokap kocak gitu, jadi beliau ala ala ngasih sambutan, tapi dinilai sama tante dan adek gue. Tiap kali bokap agak awkward dikit, langsung dicut dan disuruh ngulang. Wkwkwkwkwkwk. Hari itu, gue nggak bisa tidur sampe jam 2 atau jam 3 pagi, gitu. Entah ya, rasanya agak-agak surreal ngawang-ngawang cantik.
 Paginya, karena akad akan dilaksanakan jam 15.00 WIB diikuti resepsi jam 19.00 WIB, gue berangkat ke Kuningan City bareng bokap nyokap dan adek gue jam 10 pagi. Kenapa begitu? Soalnya gue harus sampe KunCit jam 12 siang supaya bisa segera dimakeup sehabis shalat dzuhur. Lama bo, make up pengantin tuh, bisa makan waktu 2 sampe 3 jam.

Sampe di lokasi sekitar jam setengah 12an. Udah ada teman-teman dari WhitePearl Decoration yang lagi sibuk menghias-hias. Tema pernikahan gue adalah nasional Jawa fusion Jepang. Jadi ada item-item kaya pohon sakura, lampion, fusuma, dan payung kertas.

Final look dekor untuk akad.
Setelah ngeliat-liat dekor sejenak, gue menyadari ada beberapa item dekor yang nggak sesuai sama arahan gue.

Nah, di sini nih, saran gue buat calon-calon pengantin. Di hari H, belajarlah sebisa mungkin untuk legowo, tutup mata dan bodo amat sama detail-detail yang miss di sana sini, selama missnya itu nggak ngasih impact besar ke jalannya acara. Soalnya, mood kita harus banget dijaga. Lo nggak bakal mau deh cemberut pada saat akad atau resepsi cuma gara-gara ada miss yang seharusnya bisa pura-pura nggak lo liat.

Gue ini perfectionist, tapi di hari H, gue ya cuma 'hm' aja gitu kalo ngeliat ada yang kurang sesuai. Berusaha ngasih uzur, mungkin mereka hectic karena nggak harus ngurusin gue doang, jadi ada yang lupa-lupa. Herannya pada hari itu gue bisa melakukan itu dan mood gue tetap baik lho.

Tumben.
Mungkin kebahagiaan gue karena akan menikah overshadowed kegatelan gue akan hal-hal yang nggak sesuai arahan.

Lanjut.

Gue lalu kembali ke ruang ganti untuk wudhu dan siap-siap shalat kalo udah adzan. Sementara Mas Irwan udah dateng, udah selesai siap-siap, tinggal nunggu gue shalat baru bisa mulai make up. Proses make up sebelum akad nggak ada dokumentasinya karena Mas Irwan harus langsung caw ke lokasi selanjutnya. Sibuk deh ah MUA hits yang satu ini.

Oiya, sementara gue didandanin, Pillow 'dikerjain' sama tim AKSA dan The Serenade.
Hahaha.

Jadi, gue sama Pillow kan punya buku curhat barengan gitu, nah gue udah nulis sesuatu di situ. Malem sebelumnya, gue minta tolong tim AKSA dan The Serenade buat gimana caranya ngasihin dan nyuruh Pillow baca buku itu sebelum akad. Hasilnya, Pillow sukses meneteskan air mata.

Yuhuuuuw.

Serius banget Byang.

Oke, back to akad.

Pillow dan kedua keluarga pergi duluan ke hall, sementara gue duduk nungguin dipanggil di ruang make up. Gue cuma bisa dengerin prosesi sambil bengong dan masih berasa ngawang. Nggak lama, Tante Rian dan Bude Nani yang akan jadi pendamping gue masuk ke ruang make up ditemani Mbak Natalie. Gue diapit Tante Rian dan Bude Nani kemudian menuju hall.

Kenapa muka gue girang banget ya? || Pic quick edited by me.

Akad gue sama kaya akad-akad kebanyakan. Setelah kedua calon pengantin, wali, saksi serta penghulu menempatkan diri, ada pembacaan ayat suci Al Quran dan tilawah oleh Pillow dan gue. Surat yang dipilih yaitu An Nisa ayat (request gue) dan Al Insyiroh (request mama). Sampe sini gue masih nggak deg-degan, entah kenapa tuh. Kayanya gue emang belum nginjek bumi deh.

Oh iya, penghulu yang menikahkan gue dan Pillow ini namanya Bapak Husein dari KUA Jakarta Selatan, yang kebetulan bulan Oktober taun 2016 juga menikahkan adeknya Pillow di tempat yang sama. XDDD

Abis pembacaan ayat suci, mulai masuk ke rangkaian prosesi akad. Pak Husein lalu nyuruh gue untuk 'pamitan' sama bokap nyokap.
Disinilah gue baru tau menangis tanpa air mata itu mungkin.

Soalnya, sepanjang bacain teks izin nikah, gue nangis, tapi air mata gue nggak keluar. Nah, gimana tuh? Padahal itu teks izin nikah gue udah tau isinya apa, orang gue juga yang ngerevisi (iya, segala macam sambutan dll yang berhubungan sama keluarga gue emang gue revisi dulu, gini nih kalo mantan script editor jadi calon pengantin), tapi tetep aja gue nangis-nangis juga. Apalagi ngeliat muka bokap yang entah kenapa saat itu keliatan tua dan lelah.. Berasa ada yang muterin film di otak gue dari awal gue kecil sampe sekarang. Mungkin yang menyebabkan air mata gue nggak keluar adalah karena diem-diem gue ngebatin "Jangan nangis Ay ntar mekap lo luntur." gitu.

Kelar gue ijin pamit dan dijawab sama bokap, lanjut ke ijab qabul. Sebelum Papa dan Pillow bersalaman, Pak Husein ngebacain doa dulu. Dan entah kenapa mulai dari situ badan gue gemetaran tak terkendali. Muka gue udah nggak ada senyum-senyumnya sama sekali (saat itu sih gue nggak sadar, baru sadar pas liat foto-foto aja). Rasanya tiba-tiba ruangan jadi dingin banget, mungkin gue tegang kali ya?

Gemeteran gue baru berhenti saat Pillow selesai membacakan ikrar qabul. Saksi-saksi menyatakan SAH. Alhamdulillah, Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar.

Gue udah sah jadi istrinya Pillow sekarang.
Kembali gue nggak bisa menahan tangis saat Pak Husein memimpin doa setelah ijab qabul, kali ini ada air mata yang keluar sedikit. Papa sendiri malah langsung terisak sambil ngusap-ngusap idung pake tisu.

Fuuuh.
Rasanya udah lega.
Dan rasanya udah nggak ada yang bisa ngerusak mood gue seharian.

Or so I thought.

Lanjut dulu sebelum sampe ke situ.

Setelah itu, dengan ketegangan yang udah nggak bersisa, acara dilanjutkan dengan salam-salaman, foto-foto dan makan-makan sebelum akhirnya gue dan Pillow serta mama papa dan adek-adek harus balik ke ruang ganti untuk ganti baju buat resepsi.

Pic quick edited by me.


Pillow kasian cuma bisa ngemil-ngemil doang, soalnya makanan akad yang disediakan adalah nasi bali yang pedes. Gue sih nyantei aja makan, laper abisnya. Nasi balinya enak lho, seperti semua makanan lain yang ada hari itu. Juara banget pokoknya Bali Indah. Favorit gue dan keluarga adalah lidah sapi saus putihnya yang enak baget. Dari segi presentasi makanan dan dekorasi meja pun, Bu Vemmy bener-bener ngikutin apa yang gue mau. Taplak yang gue minta berwarna champagne gold, bunga-bunga yang gue minta warna-warnanya pastel aja...
Jempol lah buat Bali Indah!

Lanjut.

Rencananya, sebelum mulai resepsi akan ada foto keluarga dulu jam 18.30, tapi ternyata waktu retouch make up gue lewat jauh dari schedule karena Mas Irwan terlambat dateng. Mengingat hari itu hari Sabtu, kayanya sih jalan cukup padet jadi dia agak ketahan di jalan balik dari venue nikahan yang satunya. Tapi hal itu nggak berpengaruh banyak ke rundown, karena foto keluarga bisa dipindahin ke belakang.

Setelah gue selesai diretouch, iring-iringan kirab langsung diatur. Iya, nungguin gue selesai make up doang. Wkwkwkwk. Mas Harry, Mas Tony dan Mbak Natalie menggiring kami semua ke hall untuk prosesi kirab.


 


Gue suka banget sama baju pengantin gue dan Pillow. Terima kasih Mbak Dian Saomi dan Pak Widodo, serta Wabisabi Jewelry dan The Glowing Nails! Untuk baju akad kami, hair do gue, serta baju, hair do/hijab do dan make up keseluruhan para mama dan papa serta adik-adik kami dipersembahkan oleh Diamond Wedding. Gue terutama suka banget sama corak kain batik untuk para mama dan papa, keliatan mewah gituuuu.

Pic quick edited by me


Pic quick edited by me

Sebagaimana layaknya resepsi, setelah kami semua sampai di pelaminan, papa memberikan sambutan kepada tamu-tamu yang hadir. Kali ini papa terlihat at ease dan well prepared, bahkan Papa sempet ngeliat ke arah gue dan Pillow segala lho. Kemajuan besaaaarrrrr! Kami semua takjub dan bangga. Kalo dibandingin sama waktu lamaran, ini jauuuuuh lebih lancar. Practice makes perfect, sepertinya. Wuuuhuw!

Acara berjalan lancar meskipun sedikit ngaret. Gue bahagia karena ada beberapa tamu yang udah lama nggak ketemu (Ibu Tiur, Ibu Lely, Mbak Nia, Nana dan keluarga, ANIME sekeluarga, Dika dan suami, mama Dani, Tante Niken, Mbak Christina, terima kasih banyak udah ngeluangin waktu untuk hadir ya! Much love!). Sayangnya ada insiden yang bikin gue ngerasa nggak enak banget sama mama.

Jadi gini,
dari awal mama udah ngomong kalo dua temannya yang hadir, yaitu mama dani dan Tante Niken, mau berfoto sama gue. Secara mereka jauh-jauh datang dari Cilacap, gue langsung masukin itu ke list foto dong. Di tengah-tengah acara, mama khawatir kalo kedua Tante ini keburu pulang. Mama minta ke gue untuk memanggil mereka untuk berfoto. Gue dan Pillow pun meneruskan ke salah satu crew The Serenade.

Gue nggak tau ada kendala apa, yang jelas kedua Tante ini nggak dateng-dateng ke panggung. Padahal beberapa kali gue mendengar MC memanggil mereka buat naik. Mama panik dan beberapa kali nanya ke gue, "Kak, mana, nanti keburu pulang mama Dani sama Tante Niken.". Gue juga ikut panik dong, apalagi ketika untuk kesekian kalinya mereka tetap nggak dateng juga, mama lalu nangis. Nggak heboh sih nangisnya, tapi tetep aja liat mama ngusap-ngusap mata pake tisu di sebelah gue bikin gue sedih. Pillow juga jadi ikut ngerasa bersalah. Kita sampe minta crew The Serenade untuk nanyain nomor HP mereka ke adek gue untuk kemudian ditelpon. Tapi ketika ditelpon, bener aja, ternyata mereka berdua udah pulang.

Duh, maaf ya, Ma...

Setelah itu mood mama agak turun sepertinya, tapi gue sangat berterimakasih melihat usaha beliau menutupi suasana hatinya yang jadi kurang baik.

Moral of the story: pastikan lo menyusun list foto dengan benar, dahulukan tamu-tamu jauh yang kemungkinan harus pulang lebih awal, dan ingatkan WO serta MC untuk memanggil tamu untuk berfoto strictly berdasarkan urutan list yang udah lo bikin.

Ada satu kejadian lain yang cukup mengganggu mood gue pada malam itu.

Sebagai anak Jejepangan sejak tahun 2005 dan anak Kokoreaan sejak tahun 2007, list lagu gue dipenuhi oleh banyak lagu Jepang dan Korea. Mengingat lagu-lagu Jepang dan Korea itu nggak lazim dimainkan di acara pernikahan alias antimainstream, bikin repertoire adalah salah satu hal pertama yang gue dan Pillow kerjakan. Kenapa? Karena kami ingin vendor entertainment kami nanti punya cukup waktu untuk mempelajari lagu-lagu yang kami request sebelum akhirnya menyanggupi bisa nggak mereka bawain itu di resepsi. List lagunya lengkap dengan link youtube lagu yang dimaksud, durasi lagu, dan untuk beberapa lagu ada request khusus soal kapan kami mau lagu itu dibawakan.

Dari awal, gue dan Pillow nggak expect vendor entertainment kami untuk bisa memainkan semua requestan kami, hence kami udah sort juga listnya berdasarkan prioritas. Listnya kaya gini, nih.

CLICK TO ENLARGE

List itu udah jadi dari bulan Februari, dan tanggal 5 Maret gue menerima konfirmasi kalo vendor entertainment kita yaitu Jakarta Street Chamber menyanggupi request kami. JSC ini terdiri dari temen-temen adik ipar gue, dan mereka juga yang ngisi enterteinment di nikahan adik ipar gue. Karena gue dan Pillow suka dan menurut kami mereka bagus mainnya, kami minta tolong lagi pada JSC untuk ngisi entertainment di nikahan kami.

Tapi, riilnya, pada malam itu nggak ada satupun lagu-lagu Jepang atau Korea yang ada di list mereka mainin. Like, really, nggak satupun.

Gue notice hal itu di tengah-tengah resepsi, dan ternyata Pillow juga notice. Gue kira mereka menyimpan lagu-lagu itu, makanya gue minta crew Serenade untuk kasih tau mereka, mainin dong lagunyaaa...

Tapi sampe akhir sama sekali nggak ada satupun lagu Jepang atau Korea yang terdengar, lho.

Gue sih kecewa, ya.
Kecewa banget.
Secara repertoire itu gue susun dari lagu-lagu yang emang punya arti khusus buat gue dan Pillow. Bukan cuma karena sekedar suka sama lagunya. Plus, lagu Jepang dan Korea itu udah kaya identitas gue selama hampir 10 taun, secara temen-temen gue mengenal gue sebagai cover dancer dan singer Jepang dan Korea. Dan ada satu lagu khusus, yaitu Lullaby, yang jadi awal kedekatan gue sama Pillow sampe akhirnya kita nikah gini.

I mean, dari Maret ke Juli itu ada 5 bulan lho... Masa sih waktu yang sekian nggak cukup untuk ngulik 6 lagu yang ada di list prioritas? Toh 10 lagu lainnya yang ada di list prioritas adalah lagu yang sudah cukup sering dimainin di acara nikahan, kan...

Yang gue sayangkan, kalaupun mereka ternyata nggak sanggup, mereka sama sekali nggak mengkomunikasikan itu ke gue in advance. Sekedar, "Eh sori, kayanya ternyata kita nggak sanggup nih ngulik segitu banyak lagu Jepang/Korea yang ada di list prioritas. Gimana ya enaknya?" kan enak ya jadinya kita bisa diskusi, mungkin gue bisa ngurangin lagi lagu 'aneh'nya jadi cuma 3 lagu aja, atau gimana kek. Nggak diem-diem aja tapi ternyata pada hari H semua lagu itu dilibas gitu dong.

Sorry to say, nih, meskipun mereka bukan grup komersil dan mungkin hanya bermusik untuk sekedar menyalurkan hobi dan 'nolongin' gue serta Pillow, kami kan ngebayar secara profesional, lho...

Gue dan Pillow menyampaikan komplain lewat The Serenade, karena semenjak deal dengan The Serenade sebagai wedding planner kami, segala komunikasi dengan vendor memang mereka yang handle. Satu hari setelah acara, The Serenade report komplain sudah disampaikan, tapi sampe saat report ini ditulis, gue nggak nerima feedback apapun dari mereka. Entah emang pihak JSC-nya nggak merespon, atau The Serenade yang lupa menginfokan ke kami.

Diluar ketidakprofesionalan mereka, kualitas musik yang dideliver oleh Jakarta Street Chamber patut diacungi jempol. Secara objektif gue mengakui itu. Resepsi gue rasanya jadi adem dipenuhi alunan instrumental akustik mereka.

Moral of the story part 2: kalo lo punya lagu yang sangat ingin dimainkan saat nikahan lo, pastikan berkali-kali ke vendor entertainment soal itu dan tanyakan kesiapan mereka, 'Beneran bisa nggak nih? Soalnya ini berarti banget buat gue lho'. Jangan biarkan lo mengalami kekecewaan yang sama kaya yang gue alami. Berlaku untuk semua elemen lain sih, misal di dekor lo pengen banget ada monas gitu, ya pastiin ke vendor dekornya kalo gimanapun caranya harus ada monas.

Overall, hari H alhamdulillah berjalan dengan cukup lancar, aman terkendali. I'd like to think diluar segala miss dan kekurangan yang ada, semua pihak terkait udah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik buat mesukseskan hari bahagia gue dan Pillow ini.
Terima kasih semuanya!

Most importantly, sejak hari itu, gue dan Pillow akhirnya resmi menjadi suami istri.

Apalah yang lebih membahagiakan daripada itu?
Hihi.

Jalannya acara bisa dilihat di video berikut ini.



Cheers!

2 comments:

  1. Hai mba Detta,,

    Salam kenal dengan aku Andini. Kalau boleh tanya mba, untuk di kuningan city ballroom budget berapa ya yang harus dipersiapkan untuk total keseluruhan acara?
    Aku sekarang sedang cari2 info untuk venue, dari cerita mba Detta aku jadi tertarik sama kuningan city ballroom. Dan pertimbangan lainnya sepertinya aku pilih Bidakara Hotel. Kalau boleh, aku minta contact person Bidakara Hotel ya mba..

    Thank you so much mba Detta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Andini,

      First and foremost, maaf ya saya telat banget ini baca komen kamu karena notifnya nggak masuk ke email. T___T huhuhu... Untuk budget sebenernya sangat fleksibel tergantung vendor-vendor yang dipake, dan bisa dikompromiin banget kok. Apa mau saya kirimin budgeting saya kemarin sekaligus dengan PL Bidakara hotel? Ada alamat emailnya?

      Regards,
      Detta.

      Delete