Thursday 22 March 2018

ROLLESCOASTER OF PREGNANCY: FLEK, RONTGENT & EKSTRAKSI GIGI


Dari awal kehamilan, gue emang beberapa kali mengalami flek ringan. Gue bilang ringan karena flek yang keluar warnanya merah muda tipis sekali. Menurut info-info yang gue baca di forum-forum kehamilan, flek dengan warna demikian masih tergolong aman. Dalam pikiran gue yang awam ini, kalo diibaratkan luka, mungkin lukanya kaya Cuma luka tergores di ujung jari. Jadi gue nggak mikirin-mikirin amat. Tapi saat gue lapor sama Mbak Ika saat kontrol, Mbak Ika tetap mengecek kondisi janin, Rahim dan jalan lahir. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi baik-baik saja.

Suatu malam di pertengahan Februari, tiba-tiba gue merasakan sakit gigi yang teramat sangat. Gue sampe kebangun dari tidur dan nangis saking sakitnya. Jam tiga pagi, Pillow nganter gue ke IGD Mitra Keluarga Cibubur. Sampe di sana, gue langsung diinfus parasetamol tanpa hasil. Sakitnya nggak ilang-ilang juga, Sodara-Sodara. Suster kemudian ngasih ibuprofen lewat dubur. Kali ini baru berhasil, nyeri gue perlahan-lahan menghilang.

Menurut Dokter IGD yang bertugas, mungkin sakit yang gue alami ini karena gigi bungsu yang mau nongol. Si dokter menyarankan gue untuk periksa ke dokter gigi agar lebih pasti, dan memberi gue obat-obatan berupa antibiotic, parasetamol dan ketoprofen untuk diminum.

Gusti Nu Agung.

Gue emang punya sejarah panjang sama gigi bungsu. Semua gigi bungsu gue tumbuhnya abnormal. Gigi bungsu pertama yang diekstrasi adalah gigi bungsu kiri bawah di tahun 2009, setelah gue nabrakin mobil ke pagar tetangga gara-gara pusing dan demam yang teramat sangat tapi harus tetap ke kampus untuk ujian Bahasa Spanyol. Estraksi kedua adalah si gigi bungsu kanan atas di tahun 2017, beberapa hari setelah gue menikah. Sebenernya saat itu, Drg. Ari, yang nyabut gigi gue, udah wanti-wanti kalo gigi kiri atas gue juga harus dicabut karena posisinya sama abnormalnya. Drg. Ari bilang untuk jaga-jaga sebelum gue hamil, tapi saat itu gue bilang. “Nanti aja deh Dok kalo udah sakit.”

Lha kok ya sakitnya pas gue lagi hamil begini.

Pusing.

Gue pusing.

Karena setau gue, pengobatan gigi—let alone cabut gigi—dimasa kehamilan adalah tabu, soalnya berpotensi ada efek samping pada janin dan kandungan. Gue dilemma, mau gue cabut, takut si dedek kenapa-kenapa, nggak dicabut dan minum obat penahan sakit? Sampe kapan? Gue juga khawatir obat penahan sakitnya akan punya efek samping buat si dedek kalo dikonsumsi terus-menerus.

Gue lalu berdiskusi sama Pillow, Pillow mengerti pertimbangan gue dan nyuruh gue tanya aja ke Mbak Ika buat lebih pastinya, yang mana langsung gue lakukan. Sekalian gue foto-fotoin obat yang dikasih Dokter IGD Mitra yang belum gue minum juga. Jawaban Mbak Ika: “Cabut aja, daripada kamu kesakitan terus-terusan.” Mbak Ika juga menyatakan obat-obatan dari IGD Mitra aman buat gue konsumsi.

Setelah diacc obgyn, gue ditemani Pillow langsung ke dokter gigi tanpa ragu. Drg. Gita, langganan gue, langsung meriksa gigi gue dan yes, bener, biang keroknya emang itu si gigi bungsu kiri atas.
Masalah barunya mulai di sini. Drg. Gita sepertinya nggak cukup berani mengambil resiko untuk mencabut si gigi yang bermasalah, mungkin karena beliau concern sama kandungan gue. Gue mencoba meyakinkan kalo Mbak Ika as Obgyn udah ngasih persetujuan, tapi Drg. Gita tetep menyarankan gue untuk ngobatin dulu si gigi. Ketika gue tetep berkeras untuk dicabut, Drg. Gita akhirnya merujuk gue ke Drg. Devi, langganan gue dulu, yang lebih senior.

Tapi ternyata Drg. Devi juga nggak cukup pede untuk melakukan ekstraksi gigi di klinik tempat ia praktek. Drg. Devi menyarankan gue untuk menghabiskan dulu obat yang dikasih Dokter IGD, baru kalo udah abis datang ke tempat prakteknya di RS Tugu Ibu, karena di sana peralatannya lebih lengkap. Drg, Devi juga minta surat persetujuan tindakan dari Mbak Ika, mungkin untuk meyakinkan kalo emang obgyn gue mengetahui soal ini.

Ffiuh, gue nggak punya pilihan. Gue lanjutin lagi minum obat selama beberapa hari. Selama itu pula gue masih ngerasa nyeri di gigi yang bikin badan gue meriang dan gue jadi susah tidur.

Hari kamis pagi tanggal 22 Februari, gue mendatangi Drg. Devi di RS Tugu Ibu. Sendirian karena Pillow harus dinas. Karena udah terbiasa menjalani ekstraksi gigi bungsu, gue nggak ngerasa takut atau khawatir dong. Seumur-umur gak pernah sakit tuh saat dicabut.

Damn, I was wrong.

Setelah dibius bahkan sampe dua kali dan gusi gue terasa kebal dan mati rasa, ketika si gigi yang bermasalah itu dipegang pake alat, nyerinya kembali menghantui. Sakitnya luar biasa sampe gue mengaduh. Drg. Devi langsung menghentikan tindakan. Beliau khawatir kalo dilanjutin malah ada apa-apa sama kandungan gue nantinya. Drg. Devi nyaranin untuk ngasih obat tambahan karena sepertinya infeksinya belum tuntas diobati, dan nyuruh gue untuk kembali hari Sabtu untuk coba ekstraksi lagi.

More meds? Ok. *nangis*

Nyeri gigi itu bertahan sampe keesokan paginya. Gue sampe minum ketoprofen yang emang dilabeli “Untuk jika sakit sekali”, tapi nggak ada pengaruhnya. Gue bolak balik di Kasur karena nggak bisa tidur malam itu. Saking nggak kuatnya, subuh-subuh gue minum sanmol. Barulah nyerinya reda dan gue bisa tidur.

Rasa sakit itu bikin gue agak trauma. Ketika sabtu tiba dan gigi gue masih terasa sedikit nyeri, gue memutuskan untuk nge-WA Drg. Devi buat reschedule waktu ekstraksi. Drg. Devi setuju dan menyarankan gue untuk ngabisin dulu obatnya sampe tuntas, baru setelah itu diatur lagi jadwal ekstraksi giginya.

Selama itu gue juga cari info tentang pengobatan atau cabut gigi sekaligus rontgent untuk ibu hamil, karena Drg, Devi sempet menyinggung sebenernya harusnya gigi gue harus dirontgent dulu karena posisinya jauh di dalam dan ruangnya sempit. Gue menemukan beberapa opini dokter yang menyatakan sebenernya nggak apa-apa kalo ibu hamil mau perawatan gigi atau ekstraksi gigi, dengan catatan kehamilannya sedang berada pada trimester kedua, karena kondisi kandungan dan janin dianggap sudah cukup kuat. Pas banget sama kondisi gue. Biar lebih pasti, gue juga tanya ke Mbak Ika, apakah boleh dirontgent gigi? Mbak Ika jawab, boleh kalo memang harus, asal bagian perut ditutup apron. Oke, gue lega, gue terus ngabisin obat.

Nyatanya, sampe obatnya habis pun, gigi gue masih sedikit nyeri. Nggak mengganggu memang, tapi tetep bikin trauma karena gue takut akan ngerasain lagi sakit kaya kemarin ketika dicabut. Ketika gue konsul ke Drg. Devi, beliau merujuk gue untuk ke bedah mulut aja yang peralatannya lebih lengkap. Beliau juga tetep nggak mau rontgent meskipun gue udah bilang obgyn gue udah bilang nggak apa-apa. Fine, gue mengalah, gue akhirnya mencari second opinion, sesuai hasil diskusi gue dengan Pillow.

Tiba-tiba di suatu sore, gue ngeflek, warnanya cokelat persis kaya mau dapet. Gue panik dan lansung nelpon Mbak Ika. Mbak Ika nyuruh gue minum obat penguat kandungan, dan nyuruh gue dateng ke RS kalo sampe besoknya fleknya masih keluar juga.

Bener lho, fleknya masih keluar terus. Gue diantar Pillow langsung ke RSIA Tambak. Mbak Ika kembali ngecek kondisi kandungan gue, kondisi si dedek, sampe ngecek jalan lahir secara langsung pake alat yang bentuknya kaya mulut bebek. Semua bersih, semua sehat. Mbak Ika menyimpulkan kalo mungkin fleknya itu akibat kontraksi dari rasa sakit yang gue alami gara-gara si gigi bungsu. Gue bingung, kan sekarang udah nggak berasa ganggu lagi sakitnya? Menurut Mbak Ika, walaupun kita nggak ngerasa sakit banget, tapi bisa aja ada reaksi radang yang dialami badan kita dan mengakibatkan kontraksi. Mbak Ika menyarankan untuk cepat membereskan masalah gigi, dan gue diharuskan minum obat penguat kandungan sampai 5 hari kedepan. Selama 5 hari itu pula gue masih terus-terusan ngeflek.

Atas rekomendasi Papa Mertua, gue mendatangi Drg. Arifianti di RS Mitra Keluarga. Waktu awalnya ngeliat usia Drg. Arifianti, gue sempet skeptis, karena takut dia juga nggak berani menindak kaya Drg. Gita. Tapi ternyata pas konsul, Drg. Arifianti cukup pede, setelah mendengar apa yang terjadi pada esktraksi gue beberapa waktu lalu bersama Drg. Devi, beliau Cuma memastikan kalo obgyn gue bener-bener udah memberikan persetujuan dan gue udah tau segala resikonya apabila dilakukan tindakan ekstraksi. Gue bilang yes, gue tau, dan obgyn gue udah acc semua tindakan baik ekstrasi maupun rontgent apabila diperlukan, gue juga menjelaskan kenapa gue nekat mau ekstraksi, karena gue mengalami kontraksi yang dikhawatirkan jika dibiarkan malah makin berbahaya ketika usia kandungan gue makin tua nantinya. Drg. Arifianti langsung nyuruh gue untuk rontgent dulu dan kembali lagi setelah ada hasilnya.

Pas mau dirontgent, si petugas kembali bertanya, “Ibu lagi hamil, ya? Ibu tau ya resikonya rontgent?” Again, gue bilang gue tau dan obgyn gue udah acc. Si petugas lanjut makein gue apron, lalu gue foto rontgent. Begitu hasilnya keluar, gue balik lagi ke Drg. Arifianti.

Setelah ngeliat hasil rontgent gue dan menemukan kalo ternyata si gigi ini gede dan posisinya sulit, Drg. Arifianti nyuruh gue untuk berbaring di kursi. Disaat inilah gue mulai ketakutan. Like, ini pertama kalinya gue ketakutan mau dicabut gigi. Gue keinget rasa sakitnya ketika gigi gue mau dicabut beberapa waktu lalu. Waktu si dokter mengoleskan dan menyuntikkan bius ke gusi, gue masih agak tenang, tapi begitu si dokter memegang alat yang bentuknya kaya pemecah es, gue langsung gak berani ngeliat dan memutuskan untuk merem aja.

Gue makin deg-degan sakit gue ngerasa gigi gue dicongkel-congkel, gue bener-bener takut tiba-tiba rasa sakit itu datang lagi. Tapi beberapa waktu berlalu dan gue nggak ngerasa sakit. Gue jadi lebih rilek. Apalagi nggak lama, ternyata gigi gue udah berhasil dicongkel dan gue ngerasa tu gigi jatuh ke lidah.

BANZAI!

Akhirnya ada kata tamat dalam serial gigi bungsu ini! T___________T

No comments:

Post a Comment