Friday 23 March 2018

[SINOPSIS] Return (2018)


Yang selama ini bikin gue lebih ngikutin KPop dibanding KDrama adalah karena KDrama yang ngehits biasanya bergenre romance, genre yang gue nggak pernah tertarik untuk nonton kalo nggak karena nggak sengaja atau terpaksa. Makanya saat gue denger aktris karismatik Go Hyun Jung bakalan ikut di produksi baru yang bergenre psychological thriller criminal drama, gue semangat banget. Soalnya dari awal gue emang udah kepincut sama aktingnya sebagai Lady Mishil di Queen Seondeok. Kalo digabungin sama genrenya yang adalah salah satu genre favorit gue selain horror, ini semacam double combo of happiness buat gue.

Awalnya gue berniat nunggu sampai serial ini tamat, baru nonton. Tapi gara-gara ngeliat berita-berita tentang kesuksesannya yang berhasil meraih slot rating nomor 1 pada jam tayangnya, gue jadi kepo dan nekat mulai nonton saat tayangan baru mencapai episode 8. Walhasil, setelah selesai nonton episode 8, gue macam cewek kena PHP nungguin episode selanjutnya.

Return baru aja menyelesaikan episode terakhirnya kemarin, tanggal 22 Maret. Buat gue, serial sebanyak 34 episode (dari yang awalnya 32 episode lalu diextend) ini sarat dengan hiburan, pengetahuan sekaligus pelajaran hidup.

WARNING:
- Major spoiler alert!
- Extra long post.

Kalo lo berniat nonton dan nggak mau dispoiler, udah jangan lanjut klik.

Watch here: https://www.viu.com/ott/id/id/tag-return-playlist-25366005

Dalam beberapa episode pertama, ceritanya seolah-olah berkisar pada kasus adultery alias perselingkuhan yang berujung terbunuhnya si selingkuhan.

Kang In Ho adalah anak pemilik sekaligus salah satu bos Taeha Group, perusahaan keluarganya. In Ho sudah menikah dan hidup bahagia dengan cewek cantik bernama Geum Na Ra yang di sini digambarkan sebagai semacam sosok malaikat karena nggak bercela, dan punya anak usianya mungkin sekitar 9 tahunan bernama Kang Dal Rae. Mereka tinggal di area townhouse khusus orang-orang elit yang cewek-ceweknya sosialita semua.

Sayangnya, si In Ho ini kaya nggak bersyukur sama hidup bahagia yang dia punya. Dia malah selingkuh sama Yum Mi Jung, tetangga baru mereka di townhouse. Usut punya usut, ternyata kisah In Ho dan Mi Jung ini udah dimulai jauh sebelum In Ho kenal Nara. In Ho dan Mi Jung adalah dua dari lima anak yang udah ngegeng semenjak mereka berumur 13 tahun. Tiga orang lainnya yaitu Kim Hak Bum, profesor di Myungdong University, Seo Joon Hee, dokter dan anak pemilik Rumah Sakit swasta, serta Oh Tae Suk, CEO dari sebuah perusahaan besar. Jadi emang selain Mi Jung, keempat anak ini anak-anak orang berduit.

Suatu ketika Mi Jung ditemukan tewas di dalam koper yang ditaruh di tengah jalan. In Ho ditangkap. Terbongkarlah skandal perselingkuhan In Ho dan Mi Jung, bikin Na Ra shock.

Cerita lalu berkembang dari pertanyaan sederhana, "Siapa yang membunuh Mi Jung?"

In Ho nggak ngerasa ngebunuh, let alone naro Mi Jung dalam koper. Ketiga temannya ikutan bingung. Yang In Ho nggak tau, sebenarnya ketiga temannya inilah yang naro mayat Mi Jung dalam koper. Tapi Kim Hak Bum, Seo Joon Hee dan Oh Tae Suk juga mengaku nggak membunuh Mi Jung, mereka cuma nemuin mayat Mi Jung di bagasi mobil Hak Bum, dan berusaha menghilangkan jejak dengan cara masukin mayat Mi Jung ke koper dan menguburnya di tempat terpencil.

Masalah baru: koper yang memuat mayat Mi Jung ditemukan di tengah jalan, tertabrak mobil. Pertanyaan pun bertambah, selain siapa yang membunuh Mi Jung, siapa yang menggali koper yang sudah dikubur Hak Bum, Joon Hee dan Tae Suk dan naro itu di tengah jalan? Plus, apa motif pembunuhan Mi Jung sebenarnya?

Untuk membebaskan In Ho dari tuduhan--semata-mata karena In Ho adalah ayah dari anaknya dan dia nggak mau ayah anaknya dituduh pembunuh--Na Ra minta bantuan Choi Ja Hye, pengacara hebat seniornya di kampus dulu, yang juga host TV show terkenal Return yang isinya ngebahas kasus-kasus kontroversial semacam kesalahan aparat penegak hukum.

Choi Ja Hye ini digambarkan sebagai sosok yang bersih dan taat hukum. Dia nggak mau ngebela orang yang salah, jauh dari korupsi, bahkan berani memecat partner firmanya yang kesangkut kasus korupsi dan pelecehan seksual. Ja Hye bersedia ngebantu Na Ra dengan satu syarat: Na Ra kembali aktif sebagai pengacara dan bergabung dengan firmanya untuk menangani kasus ini. Na Ra bersedia. Choi Ja Hye dan Na Ra berlomba-lomba dengan detektif Dok Go Young dan asistennya Dong Bae untuk mencari kebenaran di balik kasus kematian Mi Jung.

Gebleknya, dari penyelidikan Ja Hye dan Young, terungkap kalau empat serangkai anak orang kaya ini sebenarnya hidup kotor dan kerap menggunakan uang dan kekuasaan mereka untuk lari dari tindakan kriminal yang mereka lakukan. Hak Bum misalnya, dia digambarkan sebagai karakter yang impulsif, abusif dan seenaknya sendiri. Sembilan tahun yang lalu, Hak Bum dan Joon Hee pernah tersangkut kasus pemerkosaan anak di bawah umur bernama Kim So Hyun, tapi In Ho dan Tae Suk membantu mereka untuk bikin alibi serta mengatur agar keduanya bisa lepas dari tuduhan, Mi Jung juga turut hadir sebagai saksi yang malah memberatkan Kim So Hyun. Kim So Hyun yang shock karena offendernya bebas jadi gila sampai sekarang. Detektif Young yang saat itu masih junior adalah salah satu dari polisi yang menangani kasus tersebut dan diam-diam membenci atasannya, Detektif Senior Ahn Hak Soo yang menangani kasus dengan semena-mena karena melihat nama besar kedua tersangka yaitu Joon Hee dan Hak Bum.

Sementara itu, Joon Hee yang merasa bersalah sudah 'mengorbankan' In Ho memutuskan untuk menyerahkan diri. Hak Bum dan  Tae Suk berusaha membujuk Joon Hee untuk membatalkan niatnya, karena kalo Joon Hee ngaku, mereka juga harus mengakui keterlibatan mereka menyembunyikan mayat, dan penyelidikan lebih lanjut bisa membongkar skandal-skandal mereka yang lain. Tapi tampaknya tekad Joon Hee sudah bulat, ia mau menyerahkan diri ke polisi. Tae Suk dan Hak Bum ngebayar orang untuk menabrak dan menculik Joon Hee di tengah jalan sebelum dia sampai ke polisi. Sekali lagi lagi Tae Suk dan Hak Bum berusaha membujuk Joon Hee untuk membatalkan niatnya, tapi Joon Hee tetap keukeuh. Habis sabar, Hak Bum menghantam kepala Joon Hee dengan batu.

Hak Bum dan Tae Suk lalu berusaha menyingkirkan mayat Joon Hee. Di tengah jalan, Tae Suk sadar Joon Hee sebetulnya belum mati, tapi tampaknya Tae Suk lebih peduli akan nama baiknya daripada nyawa sahabat yang sudah dikenalnya selama 19 tahun. Tae Suk dan Hak Bum lalu mendorong mobil Joon Hee ke jurang. Hak Bum lega karena mereka berhasil membungkam Joon Hee.

Tapi dasar emang Hak Bum orang yang super temperamental dan seenaknya, dia ceroboh ngejual mobil yang dipake untuk ngebuang mayat Mi Jung tanpa menghapus rekaman video dari dash camnya. Orang dealer bernama Kim Byung Gi menemukan video Hak Bum, Joon He dan Tae Suk mengubur koper berisi mayat Mi Jung, lalu memutuskan mengancam Hak Bum. Hak Bum yang panik merengek-rengek ke Tae Suk minta ditolong. Tae Suk dan Hak Bum lalu merencanakan untuk membunuh Byung Gi, meskipun pada akhirnya Tae Suk yang menembak Byung Gi. Lagi-lagi Hak Bum lega, tanpa sadar kalau saat itu Tae Suk sudah menyiapkan alibinya sendiri dan berniat melimpahkan semua kesalahan pada Hak Bum.

Setelah mengetahui fakta soal kasus Kim So Hyun, Ja Hye menghadirkan dokter Kim Jungsoo, kakak kandung Kim So Hyun, sebagai saksi utama di persidangan In Ho. Terungkap kalo Kim Jungsoo menerima uang dan dijanjikan untuk bisa bekerja sebagai dokter di rumah sakit milik Joon Hee sebagai kompensasi atas apa yang terjadi pada So Hyun. Sidangpun memutuskan In Ho tidak bersalah karena tidak ada bukti kuat kalau dia membunuh Mi Jung, dan Detektif Young menahan Kim Jungsoo untuk diperiksa lebih lanjut.

Selesai? Enggak. Malah jadi tambah pelik karena kalo benar pelakunya Kim Jungsoo, kenapa dia memilih untuk membunuh Mi Jung yang notabene cuma saksi pada kasus adiknya? Kenapa bukan Hak Bum atau Joon Hee?

Lanjut.

Sementara itu, Joon Hee yang dikira sudah mati ternyata masih hidup dan berada dalam kondisi koma. Detektif Young frustasi saat mengetahui bahwa yang menyembunyikan Joon Hee ternyata adalah Dong Bae, asistennya. Detektif Young berusaha mengorek hubungan Dong Bae dengan Joon Hee tanpa hasil.

In Ho yang sudah bebas  mendapatkan kiriman sebuah USB berisi video dari dash cam mobil Hak Bum. In Ho shock dan merasa dikhianati oleh ketiga temannya.

Di sisi lain, Hak Bum dan Tae Suk bingung karena mereka menerima pesan dari ponsel Kim Byung Gi yang harusnya sudah terkubur bersama mayatnya. Apalagi Choi Ja Hye lalu muncul di hadapan Tae Suk dan mengaku sebagai kuasa hukum Kim Byung Gi. Tae Suk mulai curiga kalau Choi Ja Hye ada hubungannya dengan kasus kematian Mi Jung. Tae Suk memerintahkan orang untuk menyelidiki latar belakang Choi Ja Hye.

Memenuhi permintaan 'Kim Byung Gi', Tae Suk datang ke sebuah theme park tua dengan membawa uang. Di sana ia mengikuti sosok yang mirip Choi Ja Hye hingga tiba di sebuah restoran tua. Mendengar suara ponsel dari dalam lemari, Tae Suk membukanya dan menemukan mayat Detektif Ahn Hak Soo, penyidik kasus pemerkosaan Kim So Hyun. Pada saat yang sama, Detektif Young tiba di restoran tersebut. Detektif Young menahan Tae Suk sebagai saksi utama pembunuhan Ahn Hak Soo dan membebaskan Kim Jungsoo karena kedua pembunuhan dianggap sebagai pembunuhan berantai dengan tersangka tunggal.

Tae Suk tentu saja kembali lolos dari hukum dengan uang dan kekuasaannya, apalagi nggak ada bukti dan motif yang kuat kalo dia memang membunuh Ahn Hak Soo. Tae Suk makin curiga pada Choi Ja Hye. Detektif Young juga mencurigai Choi Ja Hye setelah tau kalo Choi Ja Hye adalah salah satu hakim pada kasus pemerkosaan Kim So Hyun yang kemudian mengundurkan diri dari jabatannya dan lebih memilih menjadi pengacara karena tidak puas dengan hasil persidangan.

Secercah petunjuk muncul dari petugas forensik bernama Dr. Go Seok Soon yang mengautopsi jenazah Mi Jung dan Ahn Hak Soo. Dari angka romawi yang ditorehkan pembunuh di kedua mayat, Dr. Go curiga dan takut kalau angka-angka tersebut bukan mengarah ke kasus pemerkosaan Kim So Hyun, melainkan kasus lain yang terjadi jauh sebelumnya, yaitu 19 tahun yang lalu. Dr. Go meminta Detektif Young menyelidikinya.

Petunjuk dari Dr. Go membuat Detektif Young menemukan kasus tabrak lari seorang gadis kecil bernama Jung So Mi, yang mayatnya mengambang di laut saat ditemukan. Pelaku kasus ini? Lagi-lagi Kang In Ho, Kim Hak Bum, Seo Joon Hee dan Oh Tae Suk yang saat itu masih berusia 13 tahun, serta seorang lagi bernama Tae Min Young. Yang menyetir saat itu adalah In Ho. Dr. Go lalu menghilang dan ditemukan dalam keadaan linglung, meminta untuk bertemu Detektif Young, di tubuhnya sudah ada angka romawi yang sama dengan yang ada pada mayat Mi Jung dan Ahn Hak Soo. Pada Detektif Young, Dr. Go mengakui dosa masa lalunya, yaitu ketika dia dan Detektif Ahn Hak Soo memanipulasi kematian Jung So Mi. Jung So Mi sebetulnya tidak meninggal karena tabrak lari, melainkan karena tenggelam. Jadi, keempat sekawan dan Tae Min Young melempar Jung So Mi yang sedang sekarat ke laut, membiarkannya mati tenggelam. Detektif Ahn Hak Soo menerima suap dari pihak keluarga untuk memanipulasi sebab kematiannya jadi karena tabrak lari saja, Detektif Ahn lalu menyuap Dr. Go untuk menulis laporan kematian palsu. Nggak berhenti sampai di situ, atas saran Yum Mi Jung, mereka juga melimpahkan kesalahan pada Tae Min Young, satu-satunya diantara mereka yang tidak berasal dari keluarga kaya. Mereka sepakat untuk bersaksi kalau yang nyetir mobil adalah Tae Min Young, bukan In Ho. Akibatnya, saat sidang, Tae Min Young satu-satunya yang dijatuhi hukuman dua tahun penjara, sementara keempat sekawan hanya diberikan hukuman community service.

Selesai mengakui dosanya, Dr. Go tewas ditabrak Kim Jungsoo di depan kantor polisi. Kim Jungsoo kembali ditahan, tapi lagi-lagi nggak menyelesaikan masalah. Kalau memang ini tentang Jung So Mi, apa hubungannya dengan Kim Jungsoo?

Detektif Young yang masih meneruskan penyelidikan lalu mendatangi Tae Min Young. Tae Min Young kabur, tapi penyelidikan itu membuat Detektif Young tanpa sengaja mengetahui kalau Dong Bae adalah adik beda bapak dari Tae Min Young. Keluarga keempat sekawan menyuap ayah Dong Bae dengan uang agar membiarkan Tae Min Young dipenjara menanggung dosa teman-temannya. Ayah Dong Bae menerima uang itu dan meninggalkan Dong Bae serta ibunya.

Sementara itu, Joon Hee sudah sadar dari komanya. Ketakutan akan dibunuh lagi oleh Hak Bum dan Tae Suk membuatnya pura-pura hilang ingatan. Tae Suk yang khawatir menyuruh Hak Bum membunuh Joon Hee. Hak Bum mencoba, tapi akhirnya nggak sanggup meneruskan. Joon Hee lalu mencoba meyakinkan Hak Bum, Tae Suk dan In Ho untuk menyerahkan diri dan mengakui semua dosa mereka. Tae Suk nggak mau, Tae Suk berusaha untuk meyakinkan teman-temannya kalau mereka semua jadi begini gara-gara Choi Ja Hye--yang identitas aslinya adalah Jung In Ae, ibu dari Jung So Mi--dan mengajak teman-temannya untuk membungkam Choi Ja Hye.

Na Ra yang mendengar skandal masa lalu In Ho dan keempat sekawan memutuskan untuk bercerai dari In Ho dan membawa Dal Rae pergi dari rumah. In Ho khawatir dan berusaha melacak keberadaan mereka, tapi Na Ra nggak pernah mau nerima telpon In Ho.

Joon Hee tampaknya udah capek banget hidup dikejar dosa dan tetap memutuskan untuk menyerahkan diri, dia bahkan berhasil menghindar dari hadangan Hak Bum dan tiba dengan selamat di kantor polisi. Tapi saat itu, In Ho yang khawatir Choi Ja Hye akan membahayakan nyawa Dal Rae dan Na Ra untuk membalas dendam menerobos masuk ke apartemen Choi Ja Hye, berhadapan dengan Dong Bae dan tanpa sengaja menusuk Dong Bae. Joon Hee menyembunyikan In Ho, tapi menekankan kalau ia hanya akan menolong selama beberapa hari, setelah itu ia harap In Ho menyerahkan diri. In Ho yang takut Joon Hee akan menyerahkan diri lalu menukar USB Joon Hee, sehingga ketika Joon Hee menyerahkan diri, yang dia berikan pada polisi hanyalah USB kosong. Joon Hee putus asa.

Dong Bae koma. Detektif Young yang marah memasang jebakan dengan membuat informasi palsu tentang Dong Bae yang sudah sadar. In Ho melihat berita dan panik mendengar Dong Bae sadar, karena Dong Bae bisa bersaksi kalau dia yang menusuknya. In Ho pergi ke rumah sakit untuk membunuh Dong Bae, tanpa sadar kalau itu adalah jebakan. In Ho berhasil diringkus polisi dan yes, lagi-lagi berhasil kabur dari penjara dan hanya dikenai masa percobaan dengan alasan Dong Bae menyerangnya lebih dulu.

Detektif Young menyimpulkan bahwa pembunuhan yang terjadi selama ini adalah persekongkolan dari Kim Jungsoo dan Tae Min Young dengan Choi Ja Hye sebagai mastermindnya dan Dong Bae sebagai asistennya. Mereka melakukan pembunuhan bertukar sehingga masing-masing punya alibi dan motif yang lemah. Detektif Young lalu menemui Choi Ja Hye. Ia bercerita soal masa lalunya yang ternyata pernah membunuh temannya saat masih di bawah umur, tapi lalu berusaha keras untuk menebus dosanya. Detektif Young juga bilang ia bisa mengerti kenapa Choi Ja Hye melakukan semuanya, meskipun ia tidak bisa menerimanya. Choi Ja Hye tersentuh dan menyerahkan diri. Detektif Young lalu menangkap Choi Ja Hye sebagai tersangka atas pembunuhan Yum Mi Jung, Ahn Hak Soo dan Do Seok Soon.

Sidang pembunuhan berantai dengan tersangka Choi Ja Hye, Kim Jungsoo, Tae Min Young dan Kim Dong Bae digelar dengan Na Ra sebagai pengacaranya. Jaksa penuntut berhasil membuat hipotesa yang sesuai, yaitu Choi Ja Hye, Kim Jungsoo dan Tae Min Young yang tidak puas dengan hukum serta sama-sama memiliki dendam pada Mi Jung, Ahn Hak Soo dan Dr. Go, berkomplot untuk melaksanakan pembunuhan ini. Jaksa penuntut juga berusaha membuktikan bahwa Choi Ja Hye adalah Jung In Ae, ibu dari Jung So Mi. Tapi Na Ra berhasil meyakinkan hakim bahwa tuduhan tersebut hanya berdasarkan bukti tidak langsung, sehingga Choi Ja Hye, Tae Min Young dan Kim Dong Bae divonis tidak bersalah, hanya Kim Jungsoo satu-satunya yang terbukti membunuh Go Seok Seon dan harus dipenjara.

Sementara itu, mayat Kim Byung Gi ditemukan, dan kecurigaan polisi jatuh pada Hak Bum. Apalagi Tae Suk juga memberikan pernyataan yang memperkuat kecurigaan polisi. Hak Bum yang sadar sudah dijebak oleh Tae Suk lalu mengajak Joon Hee untuk membunuh Tae Suk. Tanpa diduga, Joon Hee setuju dan mengusulkan untuk mengeksekusinya di cottage tempat mereka membunuh Jung So Mi dulu.

Joon Hee, Hak Bum dan Tae Suk bertemu di cottage. Tanpa diketahui Hak Bum dan Tae Suk, Joon Hee sudah lebih dulu menelpon Detektif Young dan bilang kalau ia akan merekam pengakuan mereka tentang apa yang sudah mereka lakukan. Detektif Young mendatangi cottage. Di tengah jalan, lewat ponsel Joon Hee yang masih tersambung, ia mendengar Hak Bum dan Tae Suk berkelahi. Joon Hee yang sudah linglung memukul kepala Hak Bum menggunakan trofi, membuat Hak Bum tanpa sengaja menembak Tae Suk. Hak Bum tewas, Tae Suk luka parah. In Ho yang datang terlambat cuma bisa bengong. Joon Hee pasrah ketika Detektif Young dan polisi datang dan menahannya. Tae Suk yang awalnya senang karena bisa melimpahkan semuanya pada Joon Hee berubah tegang saat detektif mendatanginya di rumah sakit dengan bukti rekaman yang dibuat Joon Hee soal pengakuan mereka.

Seusai tragedi yang menimpa ketiga temannya, In Ho mendatangi Na Ra untuk memberitahunya bahwa ia akan mengabulkan permintaan Na Ra soal cerai dan hak asuh Dal Rae. In Ho juga memutuskan untuk pergi dan menebus kesalahannya.

Detektif Young berniat mengajukan banding untuk kasus pembunuhan berantai, tapi sebelum ia bisa memproses banding, Choi Ja Hye jadi trending topic karena mengumumkan akan mengungkap kasus pembunuhan berantai tersebut melalui live streaming episode terakhir Return. Dalam live streaming tersebut, Choi Ja Hye mengakui semua yang sudah ia lakukan. Ia mengakui bahwa dirinya sudah membunuh tiga orang, tapi sekarang hukum tak bisa menahannya sebagai pembunuh karena seseorang tidak bisa disidang dua kali karena kasus yang sama. Choi Ja Hye membeberkan fakta soal kasus tewasnya Jung So Mi, apa yang dilakukan keempat sekawan pada Kim So Hyun serta Tae Min Young. Choi Ja Hye mengharapkan adanya perbaikan pada sistem hukum agar bisa lebih berpihak kepada korban, bukan pada mereka yang memiliki uang, kekuasaan dan pengetahuan tentang hukum. Choi Ja Hye juga menampilkan rekaman dari dash cam mobil Hak Bum, rekaman saat Tae Suk dan Hak Bum mengubur Yum Mi Jung yang ternyata diambil oleh Kim Jungsoo, rekaman saat Tae Suk dan Hak Bum mendorong mobil Joon Hee ke jurang yang ternyata diambil oleh Dong Bae, serta rekaman penembakan Kim Byung Gi yang diambil melalui kamera tersembunyi di TKP. Terungkap juga bahwa selama ini Dong Bae mengintai dan memasang alat penyadap untuk mengetahui gerak gerik mereka. Tae Suk yang sedang menjalani pemeriksaan sadar ia sudah tidak bisa lari lagi.

Detektif Young melacak IP Choi Ja Hye dan mendatanginya ke lokasi live, tapi ia menemukan bahwa Choi Ja Hye sudah tewas menenggelamkan diri di tempat Jung So Mi dulu ditemukan. Scene ending, Choi Ja Hye alias Jung In Ae tenggelam di laut, tapi Jung So Mi mendatanginya. Mereka berdua lalu berpelukan bahagia. The mom and daughter have finally reunited.

No comments:

Post a Comment