Friday 13 April 2018

[VENDOR REVIEW] DIAN SAOMI & WIDODO

Akhirnya review yang gue nanti-nantikan tiba juga.
Iya, dari awal emang gue paling menantikan saat untuk ngereview dua penjahit baju pengantin gue dan Pillow, yaitu Mbak Dian Saomi dan Pak Widodo.

Kenapa gue excited, mungkin karena diantara semua elemen dalam pernikahan gue dan Mas Bantal, baju pengantin adalah satu-satunya kreasi gue dari mulai sketch yang dengan bantuan mereka berdua akhirnya bisa terwujud secara nyata.

Hasilnya bagus, lagi.
*usap air mata, terharu*

Seperti biasa:
WARNING: LONG POST & HEAVY IMAGE
Disclaimer: all pictures provided by AKSA Creative ID or me unless otherwise stated.

CLICK ALL IMAGES TO ENLARGE IF NEEDED.

Pertama kita bahas dulu soal Mbak Dian, ya.

Gue kenal Mbak Dian dari temen gue yang namanya Dian juga. Wkwkwk. Waktu itu, akhir 2016, gue lagi nyari penjahit gaun dan kebaya untuk bikin seragam nikahan temen gue plus adeknya Pillow. Dia lalu ngerekomendasiin Mbak Dian karena temennya ngejahit di situ. Setelah gue cek IG yang bersangkutan, gue memutuskan untuk me-WhatsApp dan janjian ketemu.

Ternyata, gaun dan dua buah kebaya yang gue bikin waktu itu hasilnya bagus dan cocok sama. Sejak saat itu, jadilah gue langganan di situ.

gaun pertama yang dibikin Mbak Dian buat gue. || Pic by me
Kebaya seragam pertama yang dibikin Mbak Dian buat gue. || Pic by me
Kebaya seragam lain yang dipesan bersamaan dengan si kebaya abu. || Pic by me

Karena bagus (dan biar irit budget), salah satu kebaya yaitu si kebaya navy blue akhirnya gue pake lagi untuk acara lamaran gue. Biar nggak terlalu polos dan sederhana, gue minta tolong Mbak Dian untuk mempermak tu kebaya. Akhirnya sama Mbak Dian kebaya itu ditambahin payet, bordir dan batu-batu. Hasilnya, si kebaya navy blue bertransformasi jadi kebaya bling-bling (macam Jonghyun, Bling Bling).

Kaya gini.

NEXT!

Buat baju pengantin, sesuai dengan tema nasional Jawa fusion Jepang, gue mendesain kebaya fusion yukata. Jadi dalam satu set baju pengantin ada tiga lapis baju, yaitu dress kebaya modifikasi one piece dengan bawahan rok belah, kain batik wiron, dan obi set yang bisa dilepas pasang. Terakhir, ada tambahan cape yang cuma dipakai untuk kirab aja, dan segera dilepas begitu sampe di pelaminan.

Sketch awalnya, dengan cape. By me.
Sketch awalnya, tanpa cape. By me.
Kita bahas satu-satu ya.
Untuk dress kebayanya sendiri, terbuat dari kombinasi kain roberto cavali warna champagne gold serta brukat yang udah berpayet dan berbatu. Sama Mbak Dian, kebaya ini masih ditambahin taburan swarovski bening (tadinya mempertimbangkan swarovski pelangi tapi gue kurang cocok, jadinya pake yang bening aja), payet-payet dan bebatuan lagi. Bagian tengah rok belahnya juga ada pelisir motif payet gold. Kalo gue jalan, rok ini akan ngebuka sehingga kain wiron gue terlihat. Bagian dalam rok dilapisi satin dengan warna kuning muda, jadi kalo roknya tersingkap keliatan beda warnanya antara bagian luar dan dalam.

Waktu masih setengah jadi. Keliatan kan, roknya?
Set obinya terdiri dari obi--alias semacam ikat pinggang--'bersayap' yang terbuat dari kain jacquard motif gold yang seragam dengan bahan beskap Pillow, dan hiasannya berupa pita yang bertumpuk-tumpuk dan terbuat dari kombinasi semua kain yang digunakan sama baju pengantin gue yaitu kain batik, jacquard dan roberto cavali. Bagian depan obi dihias dengan motif brukat yang sama dengan brukat kebaya.

Obi tampak depan.

Obi tampak belakang

Terakhir, capenya terbuat dari tile warna champagne gold yang dihiasi batu-batu dan swarovski di bagian bawah/tepinya ngebentuk semacam lis. Kalo di desain, cape ini bahannya nggak transparan dan kancingnya di depan, tapi setelah dapat masukan dari Mbak Dian, diputuskan untuk bikin capenya dari tile aja dengan kancing di belakang, supaya nggak terlalu rame di bagian leher dan dada karena kebaya gue udah penuh brukat di bagian situ.

Tampak depan
Tampak belakang;
Sebagai anak yang nggak mau rugi, set obi dan cape ini dibuat bisa dilepas pasang, jadinya bisa dikombinasiin dengan baju gue yang lain. Kaya gini nih misalnya:



PERTANYAAN SUPER PENTING:
Kalo gue sewain baju pengantin gue ini, kira-kira ada yang mau gak ya?

Ehem.
Lanjut.
 
Gue cuma fitting dua kali aja untuk baju pengantin ini, karena Mbak Dian emang udah cukup mengenal bentuk badan gue. Yang pertama gue merevisi rok belah yang pada saat itu kurang bisa kebelah, yang kedua untuk naikin potongan pinggang yang ternyata masih terlalu kebawah. Sisanya amaaannn. Cuma sempet agak deg-degan aja sih karena sebenernya kan gue mau ngeberesin baju pengantin ini dari jauh-jauh hari, makanya gue udah submit semua kain yang dibutuhkan sekitar pertengahan Februari (dan ternyata pake acara ganti kain primer buat dressnya di pertengahan Maret. Wkwkwk), tapi ini baju baru bener-bener jadi di awal Juli. Meskipun jaraknya masih cukup lama dari resepsi gue yang baru dilaksanakan tanggal 22 Juli, tapi soal baju pengantin ini sempet bikin gue kepikiran karena harus nyocokin jadwal fitting dengan jadwal kerja gue yang saat itu lagi hectic-hecticnya. Mungkin karena ini baju pengantin, ya, jadinya Mbak Dian super hati-hati ngerjainnya, karena biasanya untuk kebaya-kebaya yang lain dia ngerjain termasuk cepet lho. Dua kebaya gue yang untuk nikahan adeknya Pillow, misalnya, itu diselesaikan dalam waktu kurang dari dua minggu. But, baju pengantin ini hasilnya bagus dan sesuai dengan bayangan gue, so I have no complain.

Berikutnya soal Pak Widodo. Gue tau Pak Widodo ini dari blogwalking. Terima kasih banget lho yang udah ngereview Pak Widodo dan menyertakan alamat serta nomor telpon beliau di blog mereka. Jadi, waktu itu gue lagi bingung ke mana sebaiknya bikin beskapnya Pillow, karena Mbak Dian nggak biasa bikin beskap. Lalu gue memutuskan untuk cari-cari referensi di google, dengan keyakinan internet tidak akan pernah mengecewakan gue. Wkwkwkwk. Eh nggak sengaja gue nemu beberapa blog yang mengulas tentang Pak Widodo pembuatan beskap yang berlokasi di Slipi. Gue coba hubungi si Bapak di nomor yang tertera, dan alhamdulillah dijawab sama si Bapak. Gue dan Pillowpun bikin janji untuk berkunjung ke rumah si Bapak.

Kami datang ke Pak Widodo ngebawa desain beskap yang udah gue bikin buat Pillow. Setelah Pak Widodo ngeliat, beliau lalu tanya-tanya, ini beskapnya model surakarta, ya? Belakangnya mau gimana, ngangkat atau nggak? Ini blangkonnya model Solo atau Jogja? Kami bengong secara gak pernah paham apa bedanya beskap dan blangkon Surakarta atau Jogja. Wkwkwkwk.

*gambar desain awal beskap akan diupdate kalo gue udah nggak males jalan ngambil HD. Soalnya gambarnya ada di HD ruangan depan.*
*Ya Allah males banget lu, Ay*
*Perut gue berat, Men.*

Desain tersebut kemudian disesuaikan dengan masukan-masukan yang diberikan Pak Widodo. Beliau ini udah malang-melintang di dunia perbeskapan semenjak tahun 90-an Guys, jadi emang udah paham banget segala model beskap mulai dari yang pake pakem sampe yang modifikasi. Beskapnya Pillow, menurut Pak Widodo, merupakan beskap modifikasi karena mencampur pakem Surakarta dengan pakem Jogja.

Nah, karena kain jacquard yang kami beli untuk beskap Pillow coraknya udah cukup rame (untuk ukuran Pillow, bukan ukuran orang kebanyakan. wkwkwk), Pillow meminta pada Pak Widodo untuk menghias beskapnya dengan motif payet sederhana aja di bagian pergelangan tangan dan kerah. Dia memilih beberapa referensi dari beskap yang ada di rumah Pak Widodo (karena Pak Widodo kerjanya di rumah, jadi rumahnya dipenuhi banyak banget beskap pesanan yang digantung-gantung gitu). Selain beskap, Pak Widodo juga ngebuatin kain wiron untuk Pillow, blangkon, serta selop untuk Pillow dan gue.






Maap. Wajah tidak dimasukkan untuk melindungi Mas Bantal.
*gak ngaruh woy*

Ngadepin Pak Widodo ini tapi agak butuh kesabaran sih, terutama untuk orang yang praktis seperti gue dan Pillow. Masalahnya, kadang si Bapak ini suka slow response atau nggak ngangkat telpon/bales whatsapp. Sampe dibutuhkan kombinasi usaha ngirim WA/nelpon antara gue dan Pillow lho buat nanyain "Pak kapan Mas Bantal bisa fitting?". Wkwkwkwk. Tapi kalo soal kualitas sih beneran nggak bercanda deh. Fitting pertama, beskapnya udah langsung pas jatuhnya di badan Pillow. Hmmm... Ini nih yang namanya pengalaman berbicara. Yang agak bermasalah adalah kain wironnya, soalnya emang si batik yang kami beli ukuran panjang dan lebar potongannya ngepas banget sama Pillow. Besar emang si Mas Bantal tuh. Tapi masalah ini bisa ditackle dengan baik oleh Pak Widodo.

Selain kain wiron Pillow, yang bermasalah juga adalah selop gue. Di awal, sudah ada pembicaraan kalo selop gue akan dibuat dengan hak setebal 12 cm, tapi pas dikirimin fotonya (setelah minta dengan susah payah), kok ternyata cuma setinggi kira-kira 5 cm (keliatan ya bedanya mana yang 12 cm mana yang 5 cm). Tapi setelah dikomplain, selopnya langsung dibenerin sesuai dengan request awal kami. Waktu total pengerjaan set beskap Pillow ini--termasuk komplain-komplain dan ngebenerinnya--adalah sekitar tiga minggu sampai satu bulan. Lumayan cepet kan?

Begini nih hasil kombinasi effort luar biasa dari mereka berdua di hari-H.





Terharu gue liatnya. Karena gambar desain yang apa adanya itu bisa diterjemahkan dan diwujudkan jadi pakaian secantik dan sebagus ini sama mereka. Selop dari Pak Widodo dipakenya enak banget, empuk, terutama yang punya Pillow, karena gimanapun, buat gue make selop setinggi itu setelah beberapa waktu akan terasa nggak nyaman. Wkwk.

Lapisan 'sayap' di obi gue emang agak kurang panjang dan menjuntai sih, tapi itu terjadi karena kain jacquardnya ternyata nggak cukup karena harus dibagi dua antara gue dan Pillow, huhu. Mana itu kain tinggal segitu-segitunya di toko, udah nggak ada lagi...

But still, gue puas dengan baju pengantin kami.

Bisa diklik nih videonya kalo pengen liat dari segala arah.



DIAN SAOMI
Final rating: 4.4/5.0

Plus:
- Good price
- Responsif dan komunikatif
- Pengerjaan cepat dan hasilnya rapi

Minus:
- Khusus untuk baju pengantin gue, waktu pengerjaan lambat.
- Akurasi dengan timeline yang sudah disepakati kurang, dan pemberitahuan mengenai perubahan schedule kadang suka mendadak. Kalo lo nggak punya luxury of time, ini bisa jadi kendala yang cukup memusingkan.

WIDODO
Final rating: 4.6/5.0

Plus:
- Excellent price, excellent quality
- Waktu pengerjaan cepat, sesuai dengan deadline yang sudah disepakati

Minus:
- Perlu diingatkan kembali soal detail, terutama kalo item yang dikerjakan cukup banyak, untuk menghindari miss.
- Slow response, kadang susah dihubungi. Lebih efektif kalo langsung ditelpon atau didatangi dibandingkan di-WA.

Buat kalian yang butuh jasa bikin baju pengantin, mereka berdua recommended banget deh.
You should give it a try!

No comments:

Post a Comment